Kota Tangerang Serahkan Rekomendasi Kenaikan UMK Versi Buruh Ke Pemprov Banten

oleh -
Aksi demonstrasi buruh di depan Kantor Disnaker Kota Tangerang, Banten.

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM- Dewan Pengupahan Kota (Depeko) Tangerang menyerahkan rekomendasi Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, tentang kenaikan Upah Minimum Kota (UMK) 2022 ke Dewan Pengupahan Provinsi (Depeprov) Banten, Selasa (23/11/2021).

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang memutuskan untuk membawa rekomendasi kenaikan UMK versi buruh sebesar 13,5 persen, sementara kenaikan UMK versi Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) sebesar 0,51 persen tak direkomendasikan.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industri dan Jamsostek pada Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang, M Adli mengatakan saat ini Depeko Tangerang tengah berada di Depeprov Banten, untuk menyerahkan usulan kenaikan UMK 2022.

“Iya betul (sesuai rekomendasi buruh). Sesuai dengan hasil Depeko 13,5 persen diusulkan ke Gubernur Banten, Wahidin Halim kenaikannya,” jelasnya saat dihubungi awak media.

BACA JUGA: Ratusan Buruh Demo Minta Wali Kota Tangerang Rekomendasikan UMK Naik 13,5 Persen

Adli menjelaskan bahwa rekomendasi tersebut nantinya akan diolah kembali oleh Depeprov Banten, sebelum ditetapkan sebagai UMK 2022. Kendati demikian, Depeko Tangerang tidak berharap banyak bila rekomendasi itu dapat terealisasi.

Oleh karena itu, Depeko Tangerang mempunyai pilihan lain yakni mendorong usulan kenaikan UMK sebesar 1,5 persen. “Kalau dari hasil Depeko kan 13,5 persen kita dorong 1,5 persen, kita lagi di provinsi mau menyerahkan,” ujarnya.

Menurut Adli, Disnaker Kota Tangerang berupaya melakukan musyawarah terkait dengan ancaman buruh yang akan melakukan mogok kerja bila rekomendasi mereka yang sebesar 13,5 persen tidak terpenuhi.

“Kalau soal itu hak mereka, tapi kita nanti lihat aturannya dan regulasi yang memang sudah tentukan seperti itu. Paling nanti kita Disnaker akan mencoba musyawarahkan ke kawan-kawan SP (Serikat Pekerja). Kan kewajiban kita melakukan pembinaan,” pungkasnya. (Candra/Aan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.