Kota Serang Diklaim Lebih Siap untuk Terapkan New Normal

  • Whatsapp
new normal
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Serang, Hari Pamungkas.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, Banten tengah bersiap untuk menerapkan tatanan hidup normal baru atau new normal ditengah pandemi Covid-19 yang belum akan berakhir.

Demikian dikatakan Juru Bicara (Jubir)  Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Serang, Hari W Pamungkas kepada wartawan, Rabu (27/5/2020). Dia menilai, Kota Serang siap untuk menerapkan new normal.

Bacaan Lainnya

“Untuk panduanya sudah ada dari Kemenkes, kalau melihat dari panduannya, Kota Serang sudah lebih siap,” katanya.

Latar belakang kesiapan new normal itu, sambung Hari, melihat dari fenomena pada saat jedogan atau Pasar Malam Royal menjelang lebaran lalu. Menurut dia, dimana sektor ril mulai hidup tapi tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Ini menjadi tolak ukur, tadi juga setelah halal bihalal kami membahas soal itu dan saya sudah menyampaikan kepada pimpinan dan beberapa tim gugus tugas, namun nanti bagaimana fase- fasenya sesuai pentunjuk dari Kemenkes,” imbuhnya.

Hari melanjutkan nantinya ketika pelaksanaan new normal akan melibatkan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, khususnya yang menangani kesehatan untuk menerapkan protokoler kesehatan.

Soal Kota Serang menjadi transmisi lokal penyebaran covid-19, menurut Hari, tinggal mengatur kedisiplinan pergerakan masyarakat, dan juga menjalankan protokol kesehatan. “Jadi transmisi lokal berbicara hanya kepada warga Kota Serang. Selama ini juga kalau melihat transmisi lokal tidak begitu seram, artinya masih bisa dikendalikan,” jelasnya.

Hari menjelaskan, untuk tatanan baru new normal, Pemkot Serang akan melakukan beberapa fase sesuai arahan Presiden. Polanya akan dilakukan Minggu per Minggu. “Fase utama adalah pembukaan pedagang UKM dan IKM, dan pasar tradisional, kemudian berlanjut pada fase berikutnya tatapi kami liat dulu fase pertama,” paparnya.

Sedangkan untuk kajiannya, sambung Hari, akan melihat sesuai dengan kondisi. Meski demikian, kata dia, untuk saat ini Pemkot Serang masih mengacu pada detail dari peraturan Kemenkes Nomor 01.07 Tentang Panduan untuk Antisipasi Penanggulangan Covid-19 untuk intansi dan industri.

“Disitu ada beberapa standarisasi yang dilakukan terkait menuju new normal,” ungkapnya.

Sementara itu,  Wali Kota Serang, Syafrudin mengungkapkan, pihaknya akan membahas lebih lanjut terkait rencana penerapan new normal. “Akan dirapatkan dulu, hasilnya nanti diketahui setelah dirapatkan,” tandasnya.(Adi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.