Kota Serang Akan Dijadikan Kota Metropolitan

  • Whatsapp
Bappeda Banten
Kepala Bappeda Banten, Mukhtarom.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Gubernur Banten Wahidin Halim akan menjadikan Kota Serang sebagai kota metropolitan. Sehingga perekonomiannya akan semakin maju dengan segala infrastruktur yang terkoneksi langsung ke daerah sekitar.

“Di banding daerah lain, secara persyaratan Kota Serang sudah hampir terpenuhi untuk menjadi kota metropolitan,” ungkap Kepala Bappeda Provinsi Banten, Mukhtarom, Selasa (25/2/2020).

Bacaan Lainnya

Mukhtarom melanjutkan, ada sekitar 16 syarat untuk menjadi kota metropolitan yang harus terpenuhi, dan Kota Serang sudah memenuhi 8 persyaratan diantaranya. Untuk itu sekarang Pemprov Banten sedang merancang 8 persyaratan yang belum terpenuhi itu seperti konektivitas jalan, transportasi, pendidikan dan RS tipe A.

“Terus untuk jalan penghubung, gubernur menginginkan tidak hanya Palima, tetapi juga Palenem yang tersambung langsung ke Cilegon. Jadi kalau ada orang ada di situ (Palima) mau kemana saja bisa diatasi,” jelasnya.

BACA JUGA:

. Hadapi Pilkada 2020, PKS Kantongi 2 Pesan Para Ulama Banten

. Open Bidding di Dindikbud Banten Kembali Disoal

. Dewan Pastikan Gubernur Banten Tindak Tegas Jika Bawahannya Salah

Progresnya hingga kini, tambahnya, masih dalam kajian pihak ITB. Mudah-mudahan tahun ini sudah ada graindisain-nya, sehingga nanti kita tinggal isinya seperti jalur transportasi, TOD-nya, yang bisa dikerjasamakan dengan KPDU dan sebagainya.

“Kemarin tuh baru pemetaan. Kota Serang itu posisinya dimana, sudah mendapat kriteria sebagai kota metropolitan belum. Setelah dilakukan pemetaan, ternyata sudah layak. Banyak juga daerah yang baru memenuhi dua atau tiga kriteria,” katanya.

Mukhtarom melanjutkan, sebagai Ibu Kota Provinsi Banten, Kota Serang harus menjadi daerah maju. Hal itu mengingat, Kota Serang merupakan etalase dan wajah Provinsi Banten yang akan dilihat masyarakat ketika berkunjung ke Banten.(Luthfi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.