Koperasi Jangan Cuma Andalkan Simpan Pinjam

  • Whatsapp
Sejumlah penggiat koperasi dan ekonomi kecil mendapat penghargaan pada peringatan hari koperasi ke 72 tahun di Kabupaten Tangerang.

REDAKSI24.COM – Peringatan hari Koperasi ke 72 tahun tingkat Kabupaten Tangerang berlanhgsung semarak, di Alun-alun Tigaraksa, Kawasan Puspem Kabupaten Tangerang, Minggu (25/8/2019). Peringatan hari jadi lembaga usaha simpan pinjam tersebut melibatkan seluruh pegiat koperasi dan pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang ada di Kabupaten Tangerang.

Pantauan di lokasi, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid, didaulat untuk membuka acara, dilanjutkan dengan kegiatan senam sehat serta beragam kegiatan seperti pembagian doorprize dan pertunjukan pentas seni, salah satunya penampilan Rampak Beduk Banten.

Bacaan Lainnya

Plh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Tedi Suwardi menuturkan, kegiatan dengan tema ‘Reformasi Total Dalam Menghadapi Industri 4.0’ tersebut dijadikan sebagai momen kebersamaan bagi para pengurus koperasi yang ada di Kabupaten Tangerang.

“Ini dalam rangka hari ulang tahun koperasi ke 72 tahun, yang jatuh tanggal 12 Juli lalu,” katanya kepada Redaksi24.com.

Selain itu, kata dia, para pengurus koperasi diharapkan memiliki inovasi baru dengan tidak hanya mengandalkan pada perputaran usaha simpan pinjam. Lebih dari itu, sambungnya, dari sebanyak 350 koperasi yang ada di Kabupaten Tangerang saat ini, harus mampu merambah bidang lain, salah satunya pertanian sesuai tema kegiatan dan  arahan Bupati Tangerang.

“Pada sektor pertanian contoh panen cabe dan panen kol di Pantura sudah dilakukan koperasi, ini bisa menjadi lokomotif bagi koperasi lain untuk pemberdayaan perekonomian masyarakat,” ungkapnya.

BACA JUGA:

. Koperasi Harus Siap Hadapi Teknologi Revolusi 4.0

. Koperasi Mesti Merambah Peternakan dan Pertanian

. Peringati Hari Koperasi Ke- 72, Sekda Lebak : Koperasi Harus Mampu Bersaing Dengan Pelaku Ekonomi Lainnya

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid menilai, lembaga usaha koperasi dapat menjadi sentra ekonomi kerakyatan, mengingat masih banyak warga Kabupaten Tangerang yang belum mendapatkan pekerjaan.

“Warga membutuhkan bantuan dan perhatian semua pihak, ketika mereka masuk koperasi diharapkan dapat bantuan pinjaman usaha, dari situ ekonomi rakyat bisa terus berjalan,” paparnya.

Ia menambahkan, sesuai dengan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati tahun 2019 -2024, pihaknya akan terus berusaha meningkatkan kesejahteraan warga dari semua aspek, salah satunya melalui koperasi yang akan terus dikembangkan setiap tahunnya.

“Aktivitas bersama koperasi harus ditingkatkan karena berkaitan dengan ekonomi kerakyatan,” tandasnya. (Ricky/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.