Koperasi Harus Siap Hadapi Teknologi Revolusi 4.0

oleh -
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten, Tabrani

REDAKSI24.COM – Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten, Tabrani, mengingatkan seluruh pegiat koperasi untuk melek teknologi, supaya bisa berdaya saing global dalam menghadapi revolusi 4.0.

Hal tersebut dikatakannya saat menghadiri puncak peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72 tingkat Provinsi Banten tahun 2019, di Kawasan Situs Kesultanan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Kamis (25/07/2019).

Peringatan Hari Koperasi tahun ini mengangkat tema ‘Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0’

Lebih lanjut Tabrani mengingatkan kepada para pelaku koperasi, di era sekarang koperasi sudah tidak bisa lagi menyelenggarakan sistem administrasinya secara konvensional, tetapi beralih kepada digitalisasi sistem informatika.

“Itu yang kami arahkan kepada mereka,” jelasnya.

Hingga saat ini, lanjutnya, sudah ada sekitar 7.000 koperasi yang terdaftar. Yang masih aktif sekitar 5.000. Sedangkan yang masuk ke dalam pembinaan provinsi sekitar 187.

“Kami selalu memantau dan meyakinkan kalau para pelaku koperasi yang aktif itu selalu mendapat pembinaan dari Kabupaten/Kota,” ungkapnya.

Secara kuantitatif lanjut Tabrani, jumlah koperasi yang ada di Banten cukup banyak. Sedangkan secata kualitatif, banyak juga koperasi yang berperan aktif dalam menumbuhkan perekonomian masyarakat.

“Misalnya koperasi Koperasi Abdi Kerta Raharja yang ada di Kabupaten Serang. Mereka membantu ribuan UKM dalam bentuk kredit Ultra Mikro Indonesia (UMI). Pada tahun 2018, AKR menyalurkan kredit sebesar 32 miliar rupiah,” jelasnya.

Selain itu ada juga koperasi Benteng Mikro Indonesia (BMI) yang jumlah anggotanya ribuan. Selain menyalurkan kredit, BMI juga melakukan kegiatan sosial kepada anggotanya yang tidak mampu berupa bedah rumah gratis.

Sementara itu, Gubernur Banten, Wahidin Halim  mengajak seluruh pelaku koperasi dan UMKM untuk memiliki kesiapan dan sumber daya manusia handal yang didasari tekad untuk siap berubah dalam mensikapi tantangan masa kini.

“Dengan era ini kita membutuhkan energi dan kemampuan untuk bisa bersaing dan berkompetensi dengan ekonomi yang semakin bebas,” kata Wahidin.

Peringatan hari koperasi dihadiri Walikota Serang Syafrudin, Ketua Dewan Koperasi Indonesa (Dekopin) Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah, Kepala OPD, perwakilan BI, BUMN, BUMD, pelaku koperasi dan UMKM serta masyarakat umum.

Hari Koperasi tingkat Provinsi Banten diramaikan dengan jalan santai, bazar, dan pameran koperasi. (Luthfi/Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *