Koperasi Harus Lebih Cerdas Hadapi Revolusi Industri

  • Whatsapp
Fery Hasanudin
Sekda Kabupaten Pandeglang, Fery Hasanudin mengingatkan koperasi untuk siap menghadapi era revolusi industri.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pandeglang, Banten, Fery Hasanudin mengatakan, koperasi kedepan akan menghadapi era revolusi industry. Karena itu, koperasi harus mempersiapkan diri mulai dari sekarang.

“Semua industri akan menggunakan teknologi digital dan artificial intelegence (kecerdasan buatan). Untuk itu dunia Perkoperasian mau tidak mau harus siap menghadapi era revolusi indiatri,” ungkap Fery Hasanudin pada Peringatan Hari Koperasi ke 72 Tingkat Kabupaten Pandeglang, Jalan Kesehatan Pandeglang, Selasa (15/10/2019).

Bacaan Lainnya

Lanjut Sekda, koperasi harus melakukan reformasi total, bentuk reformasi total perkoperasian itu ada tiga langkah strategis. Ketiganya adalah reoreientasi koperasi yang mengorientasikan pemberdayaan koperasi kepada kualitasnya.

BACA JUGA:

. Koperasi Jangan Cuma Andalkan Simpan Pinjam

. Koperasi Harus Siap Hadapi Teknologi Revolusi 4.0

. Koperasi Mesti Merambah Peternakan dan Pertanian

Kemudian rehabilitasi koperasi yang dimulai dengan membuat database koperasi sebagai dasar pembenahan dan terus menerus melakukan pembinaan untuk pengembangan koperasi.

“Sudah saatnya koperasi memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan platform E-Commerce, aplikasi retail online dan pengembangan aplikasi bisnis lainnya,” katanya.

Sedangkan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pandeglang, Tatang Muhtasar mengatakan, peringatan Hari Koperasi tahun ini banyak kegiatan yang digelar, mulai jalan sehat ribuan peserta dengan doorprize utama sepeda motor, donor darah, santunan anak yatim dan janda tua, pembagian sembako, serta gelar produk koperasi dan UMKM.

“Seperti yang disarankan Pak Sekda,  kami akan terus berinovasi dalam pengembangan koperasi,” ujarnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.