Kondisinya Membaik, Pasien Suspect Corona Masih Diisolasi di RSDP Serang Banten

  • Whatsapp
Pasien Suspect Corona RSDP Serang
RSDP Serang masih merawat satu pasien suspect corona.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Pasien diduga suspect corona di Rumah Sakit Dradjat Prawira Negara (RSDP) Serang, Banten, yang videonya viral di Medsos, hingga kini masih berada di ruang isolasi rumah sakit tersebut. Meski begitu, petugas medis RSDP menyebut, kondisi pasien mulai membaik.

“Untuk observasi pasien, tim medis fokus kepada dugaan infeksi paru,” ungkap Kepala Humas RSDP Serang, Khoirul Anam kepada wartawan, Rabu (4/3/2020).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, pasien masih di ruang isolasi. Pihaknya juga masih terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso. “Keputusannya nanti di RSPI apakah dirujuk atau tetap di sini (RSDP Serang). Selama masih belum dinyatakan bebas, ya masih di ruang isolasi,” katanya, Rabu (4/2/2020).

Menurut Anam, pada pukul 12.30 WIB, pasien sudah bisa duduk dan tidak lagi batuk. Pasien juga mengaku sesak nafasnya sudah berkurang. Meski begitu, tim medis terus melakukan observasi terhadap pasien.

“Kami pantau dari luar (ruang isolasi). Pasien ditangani dokter spesialis paru. Nanti akan dilakukan rontgen lagi, hasilnya akan dilihat lagi. Tim medis RSPI tidak ada yang ke Serang, semua ditangani tim medis RSDP, terus konsultasi ke RSPI melalui telepon,” imbuhnya.

BACA JUGA:

Satu Pasien RS Drajat Prawira Negara Serang Banten Suspect Corona

. Cegah Corona, Krakatau Posco Larang Jabat Tangan Antar Karyawan

. Kebutuhan Sembako Aman, Banten Siap Tangani Pasien Corona

Dalam menangani pasien, sambung Anam, TIM Medis RSDP Serang sudah menjalani prosedur tetap (Protap) dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap. “Perawat, dokter sudah terbiasa dan menggunakan APD lengkap. Hanya penyemprotan disinfektan ke ruangan P3 (pertolongan pertama pasien) di IGD,” jelasnya.

Anam melanjutkan, saat ini pihaknya belum bisa memutuskan pasien negatif atau positif virus corona (covid19). Sebab, kata dia, pihaknya hanya melakukan pengawasan. Kemudian bila kondisi pasien memburuk dan dicurigai covid 19, kata dia, maka RSPI yang akan meminta RSDP Serang merujuk pasien.

“Sampai sekarang pasien belum bisa diputuskan apakah negatif atau positif covid 19,” tandasnya.(Adi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.