Komisi Informasi Sebut Masih Ada Badan Publik di Banten Enggan Terbuka

oleh -
komisi informasi banten, badan publik, ptun, banten, hukum,
Komisi Informasi Provinsi Banten Serahkan Penghargaan untuk PTUN Serang, Selasa (22/12/2020).

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Komisi Informasi (KI) Banten menyayangkan masih ada badan publik yang enggan memberikan informasi kepada pemohon, meski sudah diputuskan melalaui sidang sengketa informasi.

Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi Banten, Toni Anwar Mahmud mengatakan, masih ada yang tidak linier dengan kepatuhan badan publik dalam memberikan layanan Informasi Publik.

“Hal tersebut dapat dilihat dari pasca putusan KI, masih ada Badan Publik yang mengedepankan upaya hukum banding ke PTUN daripada patuh terhadap pelaksanaan layanan informasi publik,” ujar Toni kepada Redaksi24.com, Rabu (23/12/2020).

Padahal lanjut Toni, permohonan informasi yang disengketakan merupakan jenis informasi yang wajib diumumkan, baik informasi setiap saat maupun informasi berkala. “Kurang lebih ada 5 putusan KI yang di-PTUN-kan,” katanya.

BACA JUGA: Ribuan Personel Gabungan Amankan Natal dan Tahun Baru di Banten

KI Banten sendiri, kata dia, sudah melakukan monitoring dan evaluasi. Meski demikian, Toni mengakui PTUN dan KI Banten mitra kerja. PTUN menjadi lembaga peradilan tingkat II untuk melakukan upaya banding para pihak atas putusan majelis Komisioner KI Banten.

Pada waktu yang sama, Ketua Bidang Penyelesain Sengketa Informasi Publik, Lutfi menyebutkan, 206 register sengketa yang masuk ke KI Banten 50% selesai.

“Hal ini karena dampak dari pandemi sehingga termohon banyak yang melaksanakan kegiatan perkantoran dengan mekanisme WFH (work form home),” ujarnya.(Irfan/Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.