Kodim 0603/Lebak Gelar Apel Penanggulan Bencana

  • Whatsapp
Kodim 0603/Lebak gelar apel kesiapsiagaan bencana.

LEBAK, REDAKSI24.COM -Dalam rangka
menanggulangi bencana di Kabupaten Lebak, Kodim 0603/Lebak menggelar Apel kesiapsiagaan di Lapangan Komando Pendidikan Latihan Tempur (Dodiklatpur) Rindam III/Siliwangi Ciuyah, Lebak, Banten, Selasa (31/12/2019).

Dalam amanatnya, Komandan Kodim 0603/Lebak, Letkol Kav Yudha Setiawan menjelaskan, apel tersebut digelar untuk kesiapsiagaan daerah , baik dari segi sarana, prasarana logistik maupun personel dari berbagai unsur dalam menguji kemampuan keterampilan serta memobilisasi sumber dana penanggulangan bencana di Kabupaten Lebak.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut dilakukan, karena saat ini memasuki musim penghujan. Sementara kata dia, geografi wilayah Kabupaten Leba rawan bencana alam, seperti longsor, banjir dan angin badai.
Karenanya kata dia, seluruh stakeholder, baik TNI, Polri, Pemerintah Daerah dapat meminimalisir terjadinya bencana tersebut.

” Kita semua menyadari bahwa bencana alam merupakan takdir yang sulit diprediksi. Namun, yang terpenting adalah bagaimana upaya kita untuk mengantisipasi dampak yang terjadi akibat bencana tersebut,” ungkap Dandim 0603/Lebak.

Selain itu, Dandim mengatakan, perlu adanya pemberian pemahaman kepada masyarakat tentang hal-hal yang dapat menimbulkan bencana dan apa saja yang harus dilakukan bila bencana itu terjadi.

” Saya kira kita perlu menyusun suatu protap penanggulangan bencana, setidaknya di masing- masing instansi terkait, atau bisa berbentuk protap terpadu,” katanya.

BACA JUGA:

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Kodim 0603/Lebak Buka Akses Jalan Sepanjang 7 Km

Sementara itu usai meninjau simulasi penyelamatan yang dilakukan aparat gabungan dan pemerintah daerah, Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi mengatakan, bencana merupakan takdir yang sulit di prediksi. Untuk itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa waspada dan tidak lengah, mengingat kondisi cuaca saat ini cukup ekstrim.

” Tentunya tugas penanggulangan bencana bukan hanya tugas pemerintah daerah, TNI, Polri, SAR atau instansi terkait semata, namun juga merupakan tanggung jawab kita semua warga Kabupaten Lebak,” tandasnya.(Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.