KMP Mustika Kencana Penyok Dihantam KMP Wira Berlian di Pelabuhan Merak

  • Whatsapp
tabrakan kapal
KMP Mustika Kencana terlibat senggolan dengan KMP Wira Berlian di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Selasa (23/6/2020).

CILEGON, REDAKSI24.COM – Kapal Motor Penumpang (KMP) Mustika Kencana yang sedang sandar dan melakukan aktivitas bongkar muat tertabrak KMP Wira Berlian di Dermaga 2 Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Selasa (23/6/2020) sekitar pukul 05.40 WIB.

Mualim I KMP Mustika Kencana, Sukma Pribadi mengungkapkan, kala itu dia sedang bertugas menjaga anjungan KMP Mustika Kencana yang sedang melakukan aktivitas bongkar muat di Dermaga 2 Pelabuhan Merak.

Bacaan Lainnya

“Tiba-tiba lambung sebelah kiri KMP Mustika Kencana yang sedang sandar ditabrak KMP Wira Berlian yang hendak sandar di Dermaga 3,” ungkap Sukma.

Selanjutnya, kata Sukma, setelah terjadi tabrakan tersebut pihaknya langsung melakukan pemeriksaan untuk memastikan ada atau tidaknya kerusakan pada seluruh bagian lambung kiri kapal Mustika Kencana.

Dari hasil pemeriksaan diketahui, terjadi kerusakan berupa pesok atau penyok pada lambung kiri KMP Mustika Kencana seluas 2500 x 3000 x 10 mm. Selain itu, satu unit jendela dan interior kamar VIP KMP Mustika Kencana juga rusak akibat tersenggol KMP Wira Berlian.

Sementara itu, Kepala Cabang PT Wira Jaya Logitama Lines, selaku pengelola KMP Wira Berlian, Abdul Mukti mengatakan, pihaknya akan bertanggungjawab atas insiden senggolan dua kapal tersebut.  Pihaknya telah berkoordinasi dengan pengelola KMP Mustika Kencana.

Dia memperkirakan senggolan itu terjadi karena KMP Wira Berlian yang hendak sandar ke Dermaga 3 terlalu jauh melakukan olah gerak mundur, sehingga menyenggol KMP Mustika Kencana yang sedang sandar di Dermaga 2.

Kemudian, lanjut Mukti, nahkoda mengambil tindakan inisiatif dengan melakukan pola gerak maju, sehingga lambung kedua kapal yang semula berhimpitan akibat senggolan, akhirnya bisa terlepas.

“Kami bertanggungjawab untuk perbaikan (KMP Mustika Kencana),  semuanya sudah clear,” tegasnya.

Ia juga memastikan tidak terjadi kerusakan fatal, baik pada KMP Mustika Kencana, maupun KMP Wira Berlian. Untuk saat ini kedua kapal sudah bisa kembali beroperasi melayani jasa penyeberangan penumpang di Pelabuhan Merak.

“Secara teknis gada masalah, dan itu hanya senggolan sedikit,” tandasnya.(Firasat/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.