KLHK-Bea Cukai Temukan 436 Kontainer Limbah Terkontaminasi B3

  • Whatsapp
Kontainer Limbah Terkontaminasi B3
Pemeriksaan kontainer berisi limbah yang terkontaminasi B3./Istimewa.

JAKARTA,REDAKSI24.COM–Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama Direktorat Jenderal Bea Cukai sudah memeriksa 1.121 kontainer berisi limbah non bahan beracun dan berbahaya (B3) ilegal selama Februari 2019 sampai dengan Mei 2020. Hasilnya terdapat 436 kontainer limbah yang terkontaminasi sampah dan atau limbah B3.

“Limbah bahan baku industri pada dasarnya yang jadi masalah bukan impor limbah atau bahan bakunya, tetapi permasalahannya adalah impor scrap plastik atau kertas ternyata mengandung limbah,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya seperti dikutip dari Antara, Rabu, (24/6/2020).

Bacaan Lainnya

BACA JUGA: Izin Limbah B3 Diterbitkan, Warga Padarincang Ancam Duduki Kantor Bupati Serang

Siti menjelaskan dari  436 kontainer yang terkontaminasi tersebut sudah ada 304 yang direekspor, sedangkan 132 lainnya masih menunggu persetujuan dari negara sumber limbah.

Sementara itu Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mempertanyakan siapa pihak yang akan memastikan setiap kontainer limbah impor toleransi kandungan material ikutannya tidak lebih dari 2 persen. Selain itu, di mana pelaksanaan pemusnahannya akan dilakukan mengingat ada kekhawatiran justru akan menimbulkan pencemaran jika dilakukan di lokasi pemilik barang.

BACA JUGA: Fraksi Demokrat DPRD Banten Minta ESDM dan Dinas LH Kaji Keberadaan Pabrik Pengolahan Limbah

Ia mengatakan Komisi IV pada Kamis (9/6), akan melakukan rapat kerja gabungan dengan memanggil pihak importir, industri, serta kementerian terkait untuk membahas lebih lanjut persoalan impor limbah untuk bahan baku tersebut. (Ant/Hendra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.