Kiat Warga Puri Karawaci Atasi COVID-19 Dengan Isoman Total

oleh -
Awal tes swab antigen yang dilakukan warga Perumahan Puri Karawaci Kabupaten Tangerang didampingi Polisi.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM– Isolasi mandiri (Isoman) total merupakan salah satu kiat untuk menangani COVID-19. Seperti yang dilakukan oleh warga Perumahan Puri Karawaci di Jalan Diklat Pemda, kelurahan Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten.

Begitu mendengar ada beberapa warganya yang terpapar COVID-19, mereka langsung koordinasi dengan   pihak kelurahan Bojong Nangka, Puskesmas Bojong Nangka dan Polsek Kelapa Dua untuk melakukan tes swab antigen di lingkungannya.

Namun, Karena  kasus COViD-19 melonjak, pelaksanaan tes swab antigen di perumahan tersebut tidak bisa dilakukan dengan cepat, sehingga warga minta  kepada pihak Polsek Kelapa Dua untuk  memberikan bantuan alat tes swab antigen.

” Kami lakukan pendekatan ke polsek untuk dapat bantuan itu agar bisa melaksanakn  tes swab sendiri. Mengingat beberapa warga di perumahan kami merupakan  tenaga kesehatan (Nakes) di rumah sakit di wilayah Tangerang yang bisa melakukan tes swab ,,” kata Yudi Atmaja, Ketua Satgas COVID,-19 Perumahan Puri Karawaci, Kamis (14/7/2021) malam.

BACA JUGA: Kasus Positif COVID-19 Meningkat, Pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Tangerang Ditunda 

Dengan begitu Kapolsek Kelapa Dua, Ajun Komisaris Polisi Fredy Yudha Satria dan Binamas Aipda Angga Priyono Putra memberikan bantuan alat tes swab antigen beserta nakes dari Gugus COVID-19 Polsek Kelapa Dua dan Kelurahan Bojong Nangka untuk melakukan tes kepada warga.

Kemudian, lanjut Yudi, dibantu nakes dari Perumahan Puri Karawaci, mereka melakukan tes swab antigen di balai warga perumahan tersebut.  Hasilnya terbukti sebanyak 46 warga terpapar COVID-19.

Melihat kondisi seperti itu, kata Yudi, Satgas langsung melakukan Isoman total kepada seluruh warganya. Dengan cara mengimbau mereka tidak melakukan aktivitas atau keluar dari lingkungan perumahan kecuali ada keperluan yang mendesak.

“Bagi mereka yang keluar dari lingkungan perumahan karena ada keperluan,  pulangnya diwajibkan  melakukan tes swab  lagi,” Kata dia.

BACA JUGA: Dalam Sehari 130 Warga Kabupaten Tangerang Terpapar COVID-19

Lebih jauh Yudi menjelaskan,  pelaksanaan isoman total  dilakukan dengan harapan penanganan COVID-19 berjalan maksimal.

“Maksud dari isoman total ini,  kebutuhan sehari-hari penderita COVID-19 seperti, obat, vitamin, gas oksigen dan makan dipenuhi,’ kata dia.

Karena dengan begitu, tambahnya, warga yang terpapar COVID-19  akan mudah  diajak tertib dan disiplin.

Senada pula dengan  Sekjen Satgas COVID-19 Perumahan Puri Karawaci Victor. Ia menambahkan, selain memberikan swab, vaksinasi, obat-obatan, vitamin dan oksigen gratis kepada  mereka yang positif COVID-19 ,  pihaknya juga memberikan  bantuan berupa sembako  kepada warga negatif  COVID-19 yang membutuhkan.

BACA JUGA: Aktivis Minta Satgas Jujur Soal Data COVID-19 di Kabupaten Tangerang

Ibu-ibu PKK pun, kata dia, mendirikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makan warga yang sedang isoman ” Dengan  penanganan isoman total ini, pandemi COVID-19 di Perumahan Puri Karawaci  dapat ditekan. Terbukti dari 46 orang yang tercatat positif COVID-19 sejak 20 Juli 2021 lalu, 44 diantaranya sudah sembuh. Sedangkan 2 orang lainnya masih Isoman di rumahnya masing-masing.

Sementara itu Bidang Logistik Satgas COVID-19 Perumahan Puri Karawaci Sadikin mengatakan, meskipun kondisi pandemi COVID-19 di lingkungannya sudah berkurang, pihaknya tetap mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa  disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Bahkan.tandas dia untuk menjaga  keselamatan dan kesehatan bersama,  lingkungan Perumahan Puri Karawaci harus tetap di disinfektan dua hari sekali, walupun nantinya sudah tidak ada warga yang terpapar. (Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.