Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan

oleh -
daun kelor untuk kesehatan
Daun kelor- istimewa.

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM — Siapa yang tidak mengenal daun kelor, tumbuhan yang mempunyai nama Latin Morinaga Oleifera ini adalah tanaman yang sangat subur tumbuh dan berkembang di banyak daerah Indonesia. Meskipun tumbuhan ini sangat familiar, namun banyak sekali masyarakat yang belum tahu apa faedah dari daun kelor tersebut.

Pakar herbal dari Yayasan Pengembangan Tanaman Obat Karyasari, Tati Winarta mengatakan, daun kelor merupakan jenis tanaman obat yang banyak mengandung vitamin A dan kalsium.

“Karena banyak mengandung vitamin A, maka sangat bagus sekali manfaatnya untuk melindungi kesehatan mata, diantaranya mengurangi resiko mata minus,silinder, plus dan katarak. Juga daun kelor ini sangat baik dikonsumsi penderita diabetes,” ungkapnya.

Selain itu, menurutnya daun kelor juga bisa diberikan kepada anak yang kekurangan gizi dengan terlebih dahulu dibuat sayur bening.

“Kalau untuk rasa, sudah pasti daun kelor sangat nikmat dan tak kalah rasa dengan sayuran lainnya,” ujarnya.

Bahkan, Tati juga menyatakan bahwa wanita yang tengah menyusui juga sangat dianjurkan mengkonsumsi daun yang berjuluk pohon ajaib ini.

“Kandungan gizi yang terdapat dalam daun kelor ini sangat tinggi, sehingga bisa meningkatkan tumbuh kembang bayi dan produksi air susu ibu,” pungkasnya.

BACA JUGA:

Yuk Coba Tips ini, Supaya Buang Air Besar Lancar saat Haid?

Menyikapi hal itu, pengusaha muda, asal Jawa Timur, Markus membenarkan. Ia mengatakan, tempo doloe, para orang tua atau nenek moyang hampir tidak ada yang menderita diabetes, jantung maupun penyakit lainnya.

Bahkan juga jarang yang menggenakan kacamatan karena minus, silinder atau plus. Itu terjadi karena setiap hari mereka gemar mengkonsumsi makanan sayur mayur yang lansung dipetik dari kebun, temasuk daun kelor, sehingga makanan yang mengandung vitamin dan kalsium itu benae-benar murni serta jauh dari unsur kimiawi.

Karenanya laki-laki berkulit hitam dan ramah itu mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan menanfaatkan lahan kosong atau pot-pot untuk menanam sayur mayur di sekitar rumah, seperti yang telah dilakukan oleh warga di beberapa perkampungan atau perumahan di Kota Tangerang.

Pasalnya selain tidak memerluhan lahan yang cukup luas, menanam pohon kelor juga sangat mudah. Batang pohon tinggal di tancapkan ke tanah yang
terkena sinar matahari dan disiram dua kali dalam seminggu, pasti akan tumbuh subur. (Agus/Aan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *