Ketua DPR RI Ingin Ada Ketetapan Jadwal Dalam Pembagian Bansos Kepada Masyarakat

  • Whatsapp
Ketua DPR RI, Puan Maharani sedang dialog dengan penerima BST.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM — Ketua DPR RI Puan Maharani menginginkan adanya ketentuan jadwal dalam pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada masyarakat. 

Kata dia, harus ada ketentuan tanggal agar masyarakat ingat dan tahu kapan waktunya harus mengambil bantuan tunai yang dikhususkan bagi warga tidak mampu tersebut. 

Bacaan Lainnya

“Tadi saya sempat tanya juga kepada penerima dia tidak ingat kapan tanggal menerima bantuan. Harusnya ditentukan tanggal. Ini menjadi evaluasi yang nanti akan disampaikan kepada pemerintah kalau memang pemberian bantuan ini harus ditentukan tanggalnya,” tutur Puan usai memantau pemberian BST di wilayah Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (23/6/2020). 

Saat ditanya, soal permasalahan data yang membuat ricuh dalam penyaluran bantuan, ia mengungkapkan, jika basis data sejak lima tahun lalu sudah berusaha divalidasi. Menurutnya, memvalidasi dan membuat satu data yang akurat sangat tidak mudah karena secara periodik akan selalu ada perubahan data. 

“Secara periodik itu akan ada misalnya yang meninggal,  pindah, dan lain lain sebagainya. Tapi meskipun margin errornya hanya 0,0 berapa itu tetap saja harus diperbaiki,” ujar Puan 

Sementara itu, Menteri Sosial RI Juliari P Batubara mengatakan, secara prinsip pihaknya bekerja tetap dalam pengawasan DPR RI. Terkait masih adanya masalah-masalah yang ditemukan seperti perbaikan data dan jadwal pemberitahuan penyaluran bantuan, pihaknya akan turut mengevaluasi serta berkoordinasi dengan pemerintah daerah. 

“Kita juga tidak bekerja sendirian, kami juga bekerja dengan pemerintah daerah kabupaten kota itu yang langsung berhadapan dengan penerima bantuan. Kita juga berharap kerjasama dan koordinasi dengan pemerintah kabupaten kota ini,” tukasnya (Ricky/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.