Kemensos RI Asistensi Dinsos Kabupaten Tangerang Perbaiki Data Penerima Bansos

oleh -
dinsos, kabupaten tangerang, bansos, kemensos ri, data,
Kemensos RI menggelar evaluasi sekaligus advokasi kepada Dinsos Kabupaten Tangerang terkait data penerima Bansos.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Kementerian Sosial (Kemensos) RI mengevaluasi sekaligus mengadvokasi Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tangerang untuk perbaikan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), Rabu (17/3/2021).

Perbaikan data penerima bantuan sosial (Bansos) dengan batas akhir pada 21 Maret 2021 tersebut, dimaksudkan agar penyaurannya di Kabupaten Tangerang bisa lebih tepat sasaran.

Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kemensos RI, Asep Sasa Purnama mengungkapkan, perbaikan harus selesai pada bulan Maret, agar data tersebut bisa masuk pada program bulan April.

Sementara itu, Pekerja Sosial Madya Kemensos RI, Etty Rachmiyati mengungkapkan, sesuai arahan Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, Dirjen PFM serta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), penerima bantuan harus berdasarkan NIK.

“Perbaikan tersebut harus dipadankan dengan data kependudukan di Kabupaten Tangerang,” kata Etty.

BACA JUGA: Pemkab Tangerang Targetkan Perbub Sistem Pelayanan dan Pengaduan Masyarakat

Oleh karena itu, kata dia, perlu koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) sebagai pemegang data kependudukan yang valid.

Menurutnya, dari laporan pendamping untuk program bansos–PKH/BPNT–banyak bantuan tidak diterima karena keluarga penerima manfaat (KPM) masih memakai data lama yang tidak lagi valid.

“Kabupaten Tangerang termasuk kita support, karena data penerima bantuan besar, plus wajah dari Kemensos. Sebab wajah dari Kemensos yakni DKI plus wilayah terdekat, yakni Banten, termasuk Kabupaten Tangerang, karena itu, kami advokasi agar cepat dan KPM bisa menerima bantuan,” kata Etty.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tangerang, Ujat Sudrajat mengungkapkan, progress perbaikan data di daerahnya yakni sekitar 13 persen hingga Rabu (17/3/2021) siang.

Ujat mengapresiasi kedatangan tim Kementerian Sosial, dalam hal ini Ditjen PFM serta Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kesejahteraan Sosial yang datang langsung untuk asistensi perbaikan data.

“Pada hari ini ada tim dari Kemensos dan Pusdatin untuk membantu Kabupaten Tangerang menggali apa permasalahannya (dalam perbaikan data),” tegas Ujat.

Terkait progress perbaikan data tersebut, Koordinator PKH Kabupaten Tangerang, Syapeih menegaskan, akan merampungkan perbaikan sesuai tenggat waktu yang ditentukan.

“Sampai tanggal 21 Maret 2021 akan kami kerahkan segala kekuatan dan siap tempur (perbaikan data),” tandasnya.(IKP/DIFA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.