Kelurahan di Kota Tangerang Kini Layani Pembuatan Kartu Identitas anak

oleh -
DISDUKCAPIL : Sejumlah masyarakat mendatangi kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Disdukcapil) Kota Tangerang untuk memgurus berbagai keperluar surat administrasi kependudukan, Kamis (20/6/2019).

REDAKSI24.COM—Pemerintah Kota Tangerang, melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), membuka layanan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di kantor kelurahan. Dengan layanan tersebut kini orang tua tak perlu pergi ke Disdukcapil untuk mengurus kartu identitas diri bagi anaknya yang baru berusia 0 hingga 17 tahun.

Kepala Bidang Pelayanan dan Pendataan Penduduk Disdukcapil, Sri Warsini, menjelaskan, syarat untuk mengajukan KIA  tersebut cukup mudah. Masyarakat hanya cukup membawa Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran anak, foto untuk anak usia 5-17 tahun serta buku nikah orangtua. Selain itu, bagi masyarakat yang melahirkan di Puskemas dan rumah sakit, dapat langsung memperoleh KIA dan dokumen pencatatan sipil lainnya, seperti KK dan akte kelahiran untuk anaknya.

“Nanti Kelurahan akan mengusulkan ke Dukcapil. KIA yang tercetak juga diambil di Kelurahan. Selain itu, masyarakat juga dapat mengikuti program kerja sama antara pemerintah dengan Puskesmas dan rumah sakit, tempat dimana anak dilahirkan,” ujarnya.

Sri mengaku sejak diberlakukannya KIA tersebut, hingga bulan Februari 2019, Dukcapil telah mencetak KIA sebanyak 59.350. Menurutnya KIA bertujuan sebagai identitas anak yang dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan.

“Sampai saat ini, KIA belum menjadi syarat untuk masuk sekolah. Namun dalam rangka mendorong masyarakat untuk mengajukan pembuatan KIA, pemerintah akan bekerjasama dengan sejumlah restoran. Nantinya anak-anak yang memiliki KIA mendapatkan harga khusus,” pungkasnya. (Ifk/Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *