Keluarga Ibu Rumah Tangga di Cipocok Jaya Yang Positif Covid-19 Dilakukan Rapid Test

oleh -
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang, M. Ikbal.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – keluarga seorang ibu rumah tangga (IRT) berinisial A, warga Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten yang terkonfirmasi positif Covid-19 dilakukan rapid test. Hal itu terjadi karena IRT tersebut diperkirakan terpapar virus membahayakan itu dari salah seorang anggota keluarganya.

Indikasi sangat kuat, karena selama ini IRT tersebut tidak pernah kontak erat dengan pasien Covid -19 atau bepergian ke luar daerah yang masuk zona merah. Demikian kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang, M. Ikbal. Sementara rapid test yang sudah dilakukan pada Rabu (6/5/2020) lalu, kata dia, swabnya sudah di kirim ke Litbangkes Jakarta untuk diketahui hasilnya.

” Untuk mengetahui hasil swab ini kita tunggu 1 sampai 2 minggu kedepan,” kata dia kepada Redaksi24.com melalui sambungan telepon, Sabtu (9/5/2020).

Lebih jauh Ikbal mengatakan, di Kota Serang ada fenomena baru soal covid-19 yaitu Orang Tanpa Gejala (OTG). Jadi, kata dia, Kalaupun tidak merasakan gejala Covid-19, tapi ketika di cek hasil swabnya positif.

“OTG ini memang yang terkonfirmasi positif di kita ada 2 (Orang). Jadi mereka ini walapun tanpa gejala, begitu di cek hasil swabnya positif, kalau ada indikasi dirawat di rumah sakit kita ga heran. Sekarang ini sudah mulai berubah fenomenanya, ada masyarakat tanpa gejala begitu di cek positif,” terangnya.

Tapi tambahnya, itu juga ada rangkainnya. Mereka tertularnya oleh siapa, itu yang kita cari. Kalau yang di rumah sakit sudah ketahuan itu di sekitar tempat kerjanya. Kalau yang di tempat lain episentrisnya yaitu ada di keluargan.,” tandasnya. (Adi/Aan)