Kejari Tangsel Musnahkan Ribuan Barang Bukti Tindak Pidana

  • Whatsapp
Pemusnahan ribuan barang bukti tindak pidana di Kejari Tangsel.

KOTA TANGSEL, REDAKSI24.COM – Puluhan kilogram daun ganja kering dan ratusan gram sabu dimusnahkan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangerang Selatan, Senin (9/11/2020). Barang haram itu, merupakan barang bukti dari kasus kejahatan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap atau inkraht.

“Pemusnahan barang bukti ini, sesuai ketentuan pasal 270 tentang pelaksanaan putusan pengadilan. Dengan total 190 perkara pidana,” kata Kepala Seksi Barang Bukti M. Ansari didampingi Kepala Seksi Pidana Umun Taufik Fauzie di Kejari Tangsel, Senin (9/11/2020).

Bacaan Lainnya

Adapun narkotika yang dimusnahkan tersebut terdiri dari 28.868,32 gram daun ganja kering, 422,18 gram sabu, dan 18,72 gram pil ekstasi. Tak hanya narkotika, dalam pemusnahan itu ada pula lima pucuk senjata api dan puluhan senjata tajam berupa celurit serta golok.

“Selain itu, ada juga 114 handphone yang ikut dihancurkan. Ribuan barang bukti itu merupakan kumpulan dari 190 perkara yang telah inkrah. Semua merupakan kasus pidana di tahun 2019 dan 2020,” ungkap Ansari.

BACA JUGA: Aneka Barang Bukti Hasil Kejahatan Yang Sudah Inkrah di Kejari Kota Tangerang Dimusnahkan

Pemusnahan barang bukti itu dilakukan dengan cara berbeda. Untuk sabu dimusnahkan dengan diblender yang  dicampur dengan disinfektan lalu dibuang. Sedangkan senjata api dan sajam dipotong-potong. 

Sedangkan ganja kering, dibakar dengan menggunakan kardus dan barang bukti lainnya. Sementara ratusan handphone, dihancurkan dengan cara dipalu.

Diketahui, kegiatan pemusnahan itu merupakan kali pertama Kejari Tangsel selama 2020. Selain dari jajaran Kejari Tangsel, pemusnahan tersebut juga diikuti perwakilan dari Polres Tangerang Selatan. (wvyh/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.