Kejari Kabupaten Tangerang Sita Tanah Koruptor Asuransi Jiwasraya

oleh -
Kejari Kabupaten Tangerang Sita Tanah Koruptor Asuransi Jiwasraya
Pembahasan eksekusi sita lahan itu dilaksanakan di lantai 2 Gedung Kejari Kabupaten Tangerang pada Kamis (13/10/2022) sekitar pukul 10.00 Wib.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tangerang, Banten, menyita belasan hektar tanah di Kecamatan Cisauk. Diketahui, aset yang disita itu milik Benny Tjokrosaputro, terpidana kasus korupsi asuransi Jiwasraya periode 2008-2018.

Pembahasan eksekusi sita lahan itu dilaksanakan di lantai 2 Gedung Kejari Kabupaten Tangerang pada Kamis (13/10/2022) sekitar pukul 10.00 Wib. Agenda itu dihadiri Kasubdit Tipikor dan TPPU, Direktur UHEKSI, Kepala Kejaksaan Jakarta Pusat dan Kasi BB Jakarta Pusat.

Kemudian, hadir, Kasi Pidsus, Kasi Pidum, Kasi BB dan Kasi Datun Kejari Kabupaten Tangerang. Serta Camat Cisauk, Kades Dandang dan Kades Mekarwangi.

Kepala Kajari Kabupaten Tangerang, Nova Elida Saragih mengatakan, belasan hektar tanah milik Benny ada di dua desa di Kecamatan Cisauk, yakni Desa Dandang dengan luas 632,588 M2 dan di Desa Mekarwangi seluas 650,290 M2.

BACA JUGA: Buronan Korupsi Mobil Desa Ditangkap di Makam Keramat Mauk

Dikatakan Nova, hal itu berdasarkan putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 2937 K/PID.SUS/2021, Benny Tjokro diharuskan membayar uang pengganti sebesar Rp.6.078.500.000.000.

“Jika terpidana tidak membayar uang pengganti maka harta bendanya disita jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut,” kata Nova kepada wartawan, Jumat(13/10/2022).

Nova menjelaskan, tanah hasil sitaan tersebut di bawah pengawasan atau pengelolaan penerima benda sitaan di Kecamatan Cisauk, dengan ketentuan aset tidak boleh berubah bentuk, dialihkan atau diperjualbelikan.

“Bila diperlukan untuk kepentingan lelang, wajib menyerahkan kembali benda titipan tersebut kepada Kejaksaan Agung RI Cq Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat,” tandasnya.

BACA JUGA: Kejari Kabupaten Tangerang Periksa Dirut Perumda Pasar NKR

Sebelumnya, Kejaksaan Agung telah menyita aset benny Tjokrosaputra berupa 23,73 hektar lahan di Serang, Banten pada pekan lalu. Tanah yang disita tersebut terdiri dari 32 bidang tanah dengan rincian.

Satu bidang tanah dengan luasan 0,5 hektar di Desa Bojong Menteng, Kecamatan Tunjung Teja, Kabupaten Serang. Satu bidang tanah seluas 8,28 hektar di Kelurahan Sukalaksana, Kecamatan Curug, Kota Serang.

Dua bidang tanah seluas 0,25 hektar di Desa Terate, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang. 12 bidang tanah seluas 10,5 hektar di Desa Sukajaya, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang.

16 bidang tanah seluas 4,2 hektar di Desa Tonjong, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang.(Deri/Difa)