Kejadian Langka Tiga Bunga Rafflesia Jenis Kemumu Mekar Serentak

  • Whatsapp
Tiga bunga langka Rafflesia jenis kemumu mekar serentak di bengkulu
Tiga bunga langka yang dilindungi Rafflesia jenis kemumu mekar sempurna secara serentak di habitat aslinya di kawasan Air Terjun Curug 9 Kabupaten Bengkulu Utara

BENGKULU, REDAKSI24.COM— Tiga kuntum bunga langka yang dilindungi Rafflesia  jenis kemumu mekar sempurna secara bersamaan di satu lokasi di sekitar kebun warga Desa Tanah Hitam, Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

Anggota Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Utara, Dani Umbara, menyebutkan, tiga rafflesia yang mekar serentak dalam satu lokasi tersebut baru pertama kali ditemukan.

Bacaan Lainnya

“Biasanya satu dan paling banyak dua bunga yang mekar di satu titik yang sama, tapi kali ini tiga kuntum sekaligus,  baru pertama kali kami temukan, jadi momen ini sangat langka,”ujar Dani di  Bengkulu, Senin.

BACA JUGA:Gula Aren Lebak Laku Keras Saat Pandemi Tapi Pasoknya Langka

Kata dia, untuk menuju lokasi puspa langka tersebut pengunjung harus melintasi medan yang cukup berat, tanah licin dengan berjalan kaki selama 45 menit.

Lokasinya, lanjut Dani, juga berada di jalur yang sama menuju kawasan wisata alam air terjun Curug 9.

Diungkapkan, ketiga bunga yang dilindungi itu masih dapat dinikmati dengan kondisi segar dalam dua hari ke depan.

Saat ini keberadaan bunga langka di habitat aslinya itu dijaga oleh warga setempat. “Penggemar wisata alam sangat tepat mendatangi lokasi ini karena bisa berkunjung sekaligus ke air terjun Curug 9,”imbuh Dani.

Diketahui saat ini terdapat lima jenis Rafflesia sp yang teridentifikasi di hutan Bengkulu, yakni jenis arnoldii, bengkuluensis, gadutensis, hasselti dan  kemumu.

Dari kelima jenis Rafflesia tersebut, jenis arnoldii memiliki diameter terbesar bisa mencapai lebih 1 meter dan jenis Rafflesia kemumu termasuk jenis rafflesia berukuran atau berdiameter kecil berkisar 50 cm hingga 60 cm.(Helti/Ant/Jaya)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.