Kawasan Wisata Religi Banten Lama Ramai Dipadati Pengunjung

  • Whatsapp
Obyek wisata religi Banten Lama dan kawasan wisata lain di Provinsi Banten dipadati pengjung pada libur panjang penghuhujung Okrober
Kawasan obyek wisata religi Banten Lama di Kecamatan Kasemen Kota Serang, Provinsi Banten

SERANG, REDAKSI24.COM– Kawasan wisata religi Banten Lama dan sejumlah objek wisata lainnya di Provinsi Banten dipadati pengunjung dari berbagai daerah sejak hari pertama libur panjang cuti bersama di penghujung Oktober ini.

Kawasan wisata religi Banten Lama atau Kawasan Kesultanan Banten di Kecamatan Kasemen, Kota Serang, itu dipadati pengunjung sejak Kamis (29/10) pagi. Selain dari sekitar Banten, wisatawan datang dari wilayah  Jaodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi), hal ini tampak dari plat nomor kendaraan yang mereka tumpangi.

Bacaan Lainnya

Pengunjung terlihat mengantre di gerbang utama pintu masuk obyek wisata religi Banten Lama. Sehubungan penerapan protokol kesehatan (prokes), petugas jaga tampak memeriksa suhu tubuh pengunjung serta memberikan imbauan agar mematuhi prokes, termasuk memakai masker.

“Sebelum memasuki kawasan wisata ini, pengunjung kita minta pakai masker,”ujar Hasballah, salah seorang petuga jaga di gerbang utama kawasan wisata religi  Banten Lama.

Sejumlah anggota Satpol PP Provinsi Banten terlihat ikut membantu mengatur pengunjung agar tidak terjadi penumpukan dan kemacetan arus lalu lintas.

Ruli (25), pengunjung asal Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, yang berwisata bersama keluarga mengaku sengaja datang ke Banten Lama sejak pagi bersama keluarga.

Alasannya selain untuk berwisata, juga agar bisa  berziarah ke makam keluarga Sultan Maulana Hasanudin Banten.”Sudah datang dari pagi supaya bisa istirahat dahulu di sini sebelum ziarah,”ungkapnya.

Keramaian pengunjung juga terjadi di kawasan objek wisata pantai gope di Pelabuhan Karangantu Kota Serang. Kawasan ini dipadati pengunjung  yang didominasi warga asal Kota Serang dan sekitarnya.

Sementara di Pantai Anyer yang hari-hari sebelumnya lengang, berubah jadi tempat keramaian saat libur panjang kali ini. Sejumlah lokasi pantai yang terbuka untuk umum di Anyer pun dipadati pengunjung dari wiiayah Banten dan sekitar Jabodetabek.

“Alhamdulillah, hari ini kelihatan ramai lagi, kalau kmarin-kemarin sih sepi banget. Makanya, hari ini bisa jualan lagi,” tutur Aliyah, salah satu pedagang di Pantai Lagundi Anyer.

Dinas Pariwisata Provinsi Banten menjelang pelaksanaan libur panjang cuti bersama akhir Oktober sudah mewanti-wanti pemerintah kabupaten/kota untuk memperketat pengawasan protokol kesehatan (prokes).

“Kami tetap lakukan pengawasan, namun pihak yang lebih berwenang untuk pengawasan objek wisata selama PSBB ini adalah kabupaten/kota. Untuk itu kami minta untuk objek wisata ini pengawasan prokesnya diperketat saat libur agar tidak menyebabkan munculnya klaster baru obyek wisata,” kata Kadispar Provinsi Banten Agus Setiawan.(Jay de Menes/ANTARA)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.