Kawanan Perampok Toko Emas di Tangerang Raya Digulung Polisi

oleh -
Kawanan Perampok Toko Emas di Tangerang Raya Digulung Polisi
Keempat pelaku ditangkap usai melakukan aksinya di Toko Emas Mall ITC BSD Serpong, Kota Tangerang Selatan pada Jumat (16/9/2022) lalu.

KOTA TANGERANG SELATAN, REDAKSI24.COM – Petugas Polres Kota Tangerang Selatan membekuk empat kawanan perampok spesialis toko emas bersenjata api (Senpi) yang kerap beraksi di kawasan Tangerang Raya.

Keempat pelaku ditangkap usai melakukan aksinya di Toko Emas Mall ITC BSD Serpong, Kota Tangerang Selatan pada Jumat (16/9/2022) lalu.

Direskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi mengatakan, sebelum melakukan perampokan di Mall ITC BSD, keempat pelaku juga pernah merampok toko emas di kawasan Pasar Kemis dan Cikupa, Kabupaten Tangerang.

“Para pelaku sudah beraksi di beberapa lokasi yaitu Pasar Kemis pada 10 April. Cikupa tanggal 1 Mei. Kemudian di  ITC BSD tanggal 16 September,” kata Hengki saat konfrensi pers di Mapolres Kota Tangerang Selatan, Jumat (30/9/2022).

BACA JUGA: Polisi Kesulitan Ungkap Pelaku Penembakan Mata Elang di Balaraja

Dikatakan Hengki, pelaku yang berjumlah empat orang diciduk di tempat berbeda pada Kamis (29/09/2022). Lanjut Hengki, dalam melancarkan aksinya, para pelaku telah berbagi tugas masing-masing. Pelaku TH (36), kata Hengki, bertugas sebagai eksekutor di lapangan.

Sedangkan MK (33) sebagai penyuplai senjata api dan peluru. Kemudian, pelaku S (37) menunggu di motor dan mengawasi situasi. Serta pelaku H (34) menyembunyikan senjata setelah melakukan tindak kejahatan.

“Pelaku berada di Leuwisadeng Kabupaten Bogor, Grobogan Jawa Tengah dan Benda Kota Tangerang,” ungkapnya.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat dengan Undang-Undang Darurat sebagaimana

dimaksud dalam Pasal 365 ayat (2) ke 2  KUHP dan/atau Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Darurat Nomor 12 tahun 1951.

“Tindak pidana pencurian dengan kekerasan. Ancaman hukuman penjara paling lama 20 tahun,” tegasnya.

BACA JUGA: Polisi Dalami Identitas Perampok Toko Emas Bersenpi di Kutabumi Tangerang

Sebelumnya, sebuah Toko Emas di Kotabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang digasak dua kawanan perampok bersenjata api, Minggu (10/4/2022) malam, sekitar pukul 20.00 WIB.

Kapolsek Pasar Kemis, Kompol Maryadi saat dihubungi mengatakan, perampok dengan bersenjata api yang diduga berjumlah dua orang tersebut, mengambil sejumlah emas di dalam etalase kaca di toko itu dengan jumlah besar.

“Iya betul, telah terjadi aksi perampokan sekitar pukul 20.00 WIB. Diduga pelaku ada dua orang dengan membawa senjata api,” ujar Kompol Maryadi.

Dikatakan Maryadi, dua kawanan perampok tersebut melancarkan aksinya saat toko sedang dalam keadaan beroperasi, lalu lanjutnya, pelaku langsung menodongkan senjata apinya ke arah karyawan toko.

“Ada satu Security (petugas keamanan) jadi korban, setelah terkena tembakan perampok di kaki kirinya. Tapi korban sudah mendapat perawatan di rumah sakit terdekat,” jelasnya.

Maryadi menuturkan setelah berhasil melakukan aksinya itu para pelaku dengan jumlah dua orang tersebut berhasil melarikan diri dengan menaiki sepeda motor.

“Identitas belum kami ketahui, kami masih melakukan pendalaman dan pemeriksaan saksi-saksi. Selanjutnya nanti diinfokan,” jelasnya.

Saat dikonformasi berapa kerugian yang dialami pemilik toko emas tersebut, Kapolsek Pasar Kemis, Kompol Maryadi belum dapat memastikan berapa besaran-nya.

“Kerugian belum bisa di taksir berapa jumlah nya. Karena kita masih melakukan penyelidikan,” tandasnya.(Deri/Difa)