Kawal Penggunaan Dana Desa, Kepala Kejari Kabupaten Tangerang Gelar Roadshow dan Silaturahmi Dengan Seluruh Kepala Desa

oleh -
Kawal Penggunaan Dana Desa, Kepala Kejari Kabupaten Tangerang Gelar Roadshow dan Silaturahmi Dengan Seluruh Kepala Desa

KABUPATEN TANGERANG,REDAKSI24.COM–Kepala Kejari Kabupaten Tangerang Nova Elida Saragih SH.MH menggelar kegiatan Roadshow dan Silaturahmi dengan seluruh Kepala Desa di Kabupaten Tangerang. Untuk tahap awal kegiatan yang digelar dalam rangka mengawal penggunaan Dana Desa ini di mulai di Kecamatan Sepatan Timur, Selasa, (8/2/2022).

Dalam paparannya Nova mengaku kegiatan ini sengaja digelar untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan dana desa oleh kepala desa. Untuk itu Kejari Tangerang siap melakukan pendampingan kepada Kepala Desa dalam rangka membantu terselenggaranya pengelolaan dana desa tanpa ada pelanggaran penyelewengan atau penyimpangan yang dilakukan oleh kades.

BACA JUGA: Diam-diam Ternyata Kejari Tangerang Sudah Menyelidiki Kasus Dugaan Penyelewengan Dana Stimulan COVID-19 PT. LKM AKR, Kasi Intel :  Data Awal Kami Sudah Lengkap

“Banyak kepala desa yang tidak mampu memberikan pertanggungjawabannya, banyak kepala desa yang tidak mampu membuat dak memiliki dokumen yang dibutuhkan untuk laporan pertanggungjawaban. Jangan sungkan untuk datang ke kejaksaan untuk meminta pendampingan,” jelas Nova.

BACA JUGA: Pengawasan Lemah, Dana Desa Rawan Dikorupsi

“Dari Januari hingga Desember nanti kami akan siap mendampingi kepala desa,” sambungnya.

Nova berharap lewat kegiatan ini kedepan tidak ada lagi kepala desa di Kabupaten Tangerang yang terjerat kasus hukum akibat melakukan penyalahgunaan jabatan dan dana desa. Untuk itu Nova berharap setelah diberikan pendampingan jangan berani melakukan tindak pidana penyalahgunaan dana desa.

BACA JUGA: Sekda Kabupaten Tangerang Minta Warga Disiplin Prokes

“Kita harus berubah, sudah saatnya kita menjaga amanah demi kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid sangat mengapresiasi kegiatan Roadshow dan Silaturahmi Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Tangerang ini. Menurut pria yang akrab disapa Rudi ini kegiatan ini bisa mengingatkan seluruh kepala desa di Kabupaten Tangerang untuk tidak melakukan tindak pidana penyalahgunaan jabatan dengan menyelewengkan penggunaan dana desa.

Rudi meyakini jika seluruh kepala desa di Kabupaten Tangerang bisa memanfaatkan dana desa dengan benar can sesuai dengan peruntukannya maka tujuan diberikannya da a desa oleh pemerintah untuk mensejahterakankan masyarakat dan meratakan pembangunan bisa tercapai.

“Niat baik ibu Kepala Kejari untuk mengawal dan melakukan pendampingan penggunaan dana desa ini patut diapresiasi karena dengan tidak adanya penyelewengan dana desa maka kesejahteraan masyarakat bisa tercapai,” ujarnya. (Ade/Hendra)