Kampung Tangguh Jawara Hadir di Tangsel Untuk Melawan Covid-19

  • Whatsapp
Kampung tangguh jawara
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol, Nana Sudjana bersama Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany.

KOTA TANGSEL, REDAKSI24.COM – Kampung Marga Jaya RT 02, RW 04 Kelurahan Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara menjadi  tempat percontohan Kampung Tangguh di Kota Tangerang Selatan, Banten.

Kampung Tangguh merupakan program Polri bekerjasama dengan pemerintah daerah melawan Covid-19. Di Tangsel ada tujuh titik yang dijadikan penerapan Kampung Tangguh yang dinamai Kampung Jaga Kesehatan, Warga Aman, Religius dan Sejahtera (Jawara) dan Kampung Marga Jaya menjadi percontohannya.

Bacaan Lainnya

Diketahui, Kampung Marga Jaya terletak di kawasan pengembang Alam Sutera dan berjarak sekira 2,2 kilometer ke Living World Alam Sutera Mall. Kampung tersebut  termasuk wilayah padat penduduk dengan 40 persen warganya adalah pendatang yang bekerja di berbagai tempat usaha di sekitar lingkungan.

Kampung Tangguh Jawara Tangsel di Kampung Marga Jaya tersebut diresmikan oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana, Kamis (9/7/2020).

“Untuk Kampung Tangguh, Tangsel ini merupakan salah satu kampung yang selama ini menjadi salah satu yang ditunjuk Mabes Polri mewakili Polda lain sebagai sampel atau contoh untuk diterapkan oleh Polda lainnya,” kata Nana.

BACA JUGA: Kampung Tangguh Jawara Tangsel Diresmikan 1 Juli Untuk Kado HUT Bhayangkara ke-74

Nana menerangkan, Kampung Tangguh tersebut dibentuk untuk melawan pandemi Covid-19. “Tujuannya sangat jelas, menjadikan zona merah menjadi orange, zona orange jadi kuning, zona kuning menjadi hijau. Kalau sudah hijau, kita pertahankan,” terangnya.

Lebih lanjut Nana menjelaskan, di Kampung Marga Jaya tersebut memiliki sejumlah fasilitas untuk pencegahan dan penanganan Covid-19, seperti ruang isolasi, posko Covid-19, akses keluar masuk satu pintu dna menerapkan pengecekan suhu tubuh, wajib menggunakan masker dan mencuci tangan pakai sabun.

“Kampung Tangguh ini sebagai salah satu solusi menangani pandemi Covid-19 dan akan dinilai oleh Mabes Polri langsung,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany berharap, diresmikannya Kampung Tangguh Jawara Tangsel dapat membantu menurunkan angka penularan Covid-19 dan mengedukasi warga agar patuh terhadap protokol Covid-19.

“Alhamdulillah saat ini angka penularan Covid-19 di Tangsel menurun dan sudah menjadi wilayah zona orange. Tetapi, prosesnya masih panjang agar benar-benar bebas dari Covid-19. Maka itu, perlu peran kita semua terutama masyarakat dalam menangani Covid-19,” pungkasnya. (wvyh/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.