Kajari Kabupaten Tangerang Akan Tindaklanjuti Laporan Dugaan Korupsi Dana Stimulan COVID-19 di LKM Artha Kerta Raharja

oleh -
Kajari Kabupaten Tangerang Akan Tindaklanjuti Laporan Dugaan Korupsi Dana Stimulan COVID-19 di LKM Artha Kerta Raharja
Kajari Kabupaten Tangerang, Nova Elida Saragih (kanan)/Ist.

KABUPATEN TANGERANG,REDAKSI24.COM–Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Tangerang Nova Elida Saragih mengaku akan segera menindaklanjuti laporan dugaan korupsi Dana Stimulan COVID-19 di PT. Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Artha Kerta Raharja (AKR) yang dilayangkan Tangerang Public Transparency Watch (TRUTH) kepada Kejaksaan Negeri Kabupaten Tangerang pada Selasa, (29/3/2022). Menurut Nova pihak Kejaksaan akan menindaklanjuti setiap laporan dari masyarakat termasuk dari TRUTH.

“Kami akan menindaklanjutinya. Untuk perkembangan penanganan akan ditangani langsung Kasi Intelijen,’ ujar Nova saat diwawancarai media, Rabu, (30/3/2022).

BACA JUGA: Dorong Penanganan Kasus Dugaan Korupsi Dana Stimulan COVID-19, TRUTH Laporkan Oknum Pejabat BUMD Kabupaten Tangerang

Nova juga mengatakan, akan selalu menginformasikan terkait perkembangan terbarunya, perihal laporan dugaan korupsi PT LKM Artha Kerta Raharja senilai Rp2,7 miliar tersebut.

“Nanti melalui Kasi Intel ya. Dan pasti akan kami informasikan perkembangannya, ” tegasnya. 

BACA JUGA: Diam-diam Ternyata Kejari Tangerang Sudah Menyelidiki Kasus Dugaan Penyelewengan Dana Stimulan COVID-19 PT. LKM AKR, Kasi Intel :  Data Awal Kami Sudah Lengkap

Namun begitu menurut Nova dalam menangani setiap laporan Kejaksaan akan menggunakan asas praduga tak bersalah. Jika dari hasil pemeriksaan pihak Kejaksaan menemukan bukti-bukti yang menunjukan adanya unsur pidana maka status laporan tersebut akan dinaikan ke kasus penyidikan.

“Kami harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu terhadap laporan tersebut jika memenuhi unsur maka naik ke penyidikan, jika tidak maka tidak akan kami tindak lanjuti,” jelasnya.

BACA JUGA: Nasabah Keukeuh Ngaku Tak Terima Subsidi Bunga COVID-19, PLT Dirut LKM AKR Akui Direksi Lama Lakukan Kesalahan 

Sebelumnya Wakil Ketua Koordinator TRUTH, Jupri Nugroho membuat laporan ke Kejari Kabupaten Tangerang  terkait tersebut terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi oleh oknum pejabat PT. LKM  AKR pada Selasa, (29/3/2022). Pelaporan petinggi di salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Tangerang tersebut terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi dana stimulan COVID-19 senilai 2,7 miliar yang digelontorkan pemerintah bagi mereka yang terdampak COVID-19. 

Jupri mengatakan pelaporan pihaknya ini adalah sebagai tindak lanjut atas lambannya jajaran Kejari Kabupaten Tangerang dalam menindaklanjuti kasus dugaan korupsi tersebut. Menurut Jupri seharusnya masyarakat yang mengalami kesulitan akibat adanya pandemi COVID-19 mendapatkan bantuan, justru bantuan tersebut diduga dikorupsi.

Selain itu sebagai lanjut Jupri, pelaporan ini juga sebagai bentuk konfirmasi mengapa hingga saat ini pihak Kejari Kabupaten Tangerang belum juga melakukan pemanggilan terhadap oknum pejabat serta jajaran direksi salah satu BUMD tersebut.

“Hari ini saya melaporkan kasus dugaan korupsi penyelewengan dana subsidi COVID-19 oleh oknum pejabat LKM Artha Kerta Raharja senilai 2,7 miliar  yang bersumber dari APBD Pemerintah Kabupaten Tangerang,” jelasnya. (Hendra).