Kadinsos Pandeglang: E-Warung BPNT Wajib Miliki Timbangan

  • Whatsapp
Dinsos Padeglang, e-Warung, Kabupaten Pandeglang, BPNT,

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pandeglang, Nuriah menegaskan agar para pemilik agen atau E-Warung Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) wajib memiliki sarana timbangan. Hal itu untuk memastikan jumlah komoditas BPNT yang akan diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Menurut Nuriah, para warga atau KPM BPNT harus mengetahui jumlah barang yang diterima, sehingga penyaluran komoditas BPNT bisa lebih transparan. Oleh sebab itu, e-Warung diharuskan memiliki timbangan.

Bacaan Lainnya

“Timbangan wajib ada, hal itu bagian dari transparansi kepada semua pihak terutama KPM. Jika ada penerima manfaat yang menerima barang tidak sesuai ukuran atau jumlahnya, maka diharapkan untuk melapor,” ungkap Nuriah, Minggu (24/1/21) kemarin.

Lanjut Kadinsos, ketersediaan sarana timbangan di tiap e-Warung juga sesuai dengan Pedoman Umum (Pedum). Jika tidak ada, maka warga bisa langsung melaporkan kepada pihak terkait.

Bahkan Nuriah juga meminta, kepada para KPM agar jeli dan berperan aktif mempertanyakan dan meminta kembali pangan yang bakal diberikan agar ditimbang terlebih dahulu. 

“KPM jangan dulu meninggalkan tempat atau agen e-warung, tapi harus memastikan semua kualitas dan timbangan pangan sebelum diterima. Jika tak sesuai langsung saja komplain dan laporkan kalau tak ditanggapi,” ujarnya.

Untuk mencegah hal-hal penyimpangan dan kualitas pangan buruk, Nuriah juga mengaku, bakal intens melakukan pengawasan secara ketat. 

Ia juga mengaku tak akan pernah bosan mengingatkan supplier dan agen agar teguh menerapkan prinsip 6 T (tepat sasaran, tepat jumlah, tepat kualitas, tepat harga, tepat waktu dan tepat administrasi). 

“Kami akan kawal ketat, dan tak akan bosan selalu menekankan baik kepada supplier maupun agen agar tetap menerapkan 6 T dan tentunya harus sesuai Pedum dalam menyalurkan BPNT,” tandasnya. (Samsul/Hendra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.