Kades se Pandeglang Bakal Jalani Bimtek di Bali

  • Whatsapp
Kepala DPMPD Kabupaten Pandeglang, Taufik Hidayat

REDAKSI24.COM – Para Kepala Desa (Kades) se Kabupaten Pandeglang, Banten berencana akan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan anggaran desa tahun 2019 ke Pulau Dewata Bali. Bimtek yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang itu, rencananya akan dilaksanakan pada November nanti.

Kepala DPMPD Kabupaten Pandeglang, Taufik Hidayat mengatakan, berdasarkan Peraturan Menteri Desa (Permendes) tentang prioritas anggaran dana desa tahun 2019, daftarnya cukup banyak, dan memungkinkan Kades untuk mengikuti Bimtek ke luar daerah.

Bacaan Lainnya

“Pertanyaannya apakah boleh perangkat atau kepala desa mengikuti Bimtek dengan biaya sendiri? Boleh. Sehingga sangat memungkinkan untuk dilakukan. Umpamanya mereka (Kades, red) ada kegiatan di Bali dengan lembaga tertentu, ya diperbolehkan sebetulnya,” ungkapnya, Selasa (20/8/2019).

BACA JUGA:

. Lampaui Target PBB 2018, Camat, Lurah dan Kades Dihadiahi Motor

. Kasus Stunting Pandeglang Jadi Target Pembahasan Pelatihan SDM

. Ada Pemangkasan Anggaran Publik Demi Pilkada Pandeglang 2020

Menurut Taufik, dalam urusan ini DPMPD menyerahkan sepenuhnya kepada para Kades. Karena ia beranggapan anggaran dana desa sepenuhnya dikelola Kades, sehingga DPMPD tidak memiliki kewenangan ikut mengelolanya.

“Kami dari DPMPD tidak mengkoordinir, kami tidak ikutan. Kalaupun saya diminta hanya untuk membuka saja, dan kami tidak tahu kenapa kegiatannya di Bali,” katanya.

Ia menambahkan, kepanitiaan atau penyelenggara juga bukan dari DPMPD. Sedangkan untuk pemilihan lokasi di Bali, menurutnya, kemungkinan besar berasal dari keinginan para Kades.

“Karena mungkin ada lembaga yang mengajak terus Kadesnya mau ya silahkan. Kalaupun juga Kadesnya tidak mau, kami tidak bisa mengajak dan membatasi mereka, karena otonominya mereka kaitan dengan belanja,” ujarnya.

Terpisah, seorang Kades yang enggan disebutkan namanya mengakui, rencananya Bimtek tersebut bakal dilakukan pada November nanti. “Lokasinya di Bali, tapi kalau saya, ikut dan tidaknya gimana nanti saja. Sebab informasinya banyak juga yang tidak akan ikut,” jelasnya.(Samsul/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.