Kades Pasanggarahan Ngaku Berwenang Pecat Perangkat Desa

oleh -
Kades Pasanggarahan Ngaku Berwenang Pecat Perangkat Desa kabupaten tangerang
Agus menyatakan memberhentikan atau memecat Perdes merupakan bagian dari kewenangannya sebagai Kades Pasanggrahan.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Kepala Desa (Kades) Pasanggarahan, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten, Agus Setyantoro mengakui telah memberhentikan salah satu perangkat desa (Perades) yang bernama Muhamad Sobi.

Agus menyatakan memberhentikan atau memecat Perdes merupakan bagian dari kewenangannya sebagai Kades Pasanggrahan. Kewenangan itu, kata Agus, mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Tangerang Nomor 9 Tahun 2014 tentang desa dan juga Peraturan Bupati (Perbup) Tangerang Nomor 94 Tahun 2014 tentang tata cara pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa.

“Nggak saya tanggapi, biarin saja, saya punya wewenang kok, meskipun ada Permendagri nomor 67 tahun 2017, tapi saya mengacu kepada Perda dan Perbub,” ungkap Agus Setyantoro saat ditemui di ruangannya, Selasa (14/12/2021).

Selain itu, Agus mengaku dasar dari pemberhentian Perdes itu karena merasa tidak dihargai selaku Kades terpilih. Saat sejumlah Perdes memenuhi panggilan, yang bersangkutan justru tidak datang sampai tiga kali surat pemanggilan.

“Saya sudah berbaik hati dengan tiga kali surat panggilan mereka tidak hadir, ya sudah saya berhentikan,” tegas Agus.

BACA JUGA: Perangkat Desa Pasanggrahan Minta Bantuan Hukum Tiga Pengacara

Agus menanggapi dingin saat disinggung kompensasi jabatan baru atau kompensasi berupa uang sebagai bentuk penghargaan atas partisipasi Perades selama bekerja di Kantor Kades Pasanggarahan.

Begitu juga saat ditanya adanya permintaan dari kuasa hukum Perades yang dipecat untuk mencabut surat keputusan (SK) pemberhentian atas nama Muhamad Sobi, Agus tidak menjawab secara tegas.

“Biarkan saja, masa kerja baru satu tahun minta kompensasi,” katanya.

Sebaliknya, Kades terpilih pada pesta demokrasi Pilkades serentak tahun 2021 itu, meminta seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi membangun Desa Pasanggarahan.(Burhan/Difa)

No More Posts Available.

No more pages to load.