Kades Bunar dan Camat Sukamulya Terancam Dilaporkan ke PTUN

oleh -
Kades Bunar dan Camat Sukamulya Terancam Dilaporkan ke PTUN DPMPD Kabupaten tangerang
Mereka datang untuk menyerahkan surat pernyataan keberatan kepada camat karena menilai telah diberhentikan Kades Bunar yang baru secara sepihak.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Setelah mengadukan nasibnya ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang, Banten, tujuh perangkat Desa Bunar yang dipecat kepala desa (Kades), mendatangi Camat Sukamulya, Yati Nurul Hayat.

Mereka datang untuk menyerahkan surat pernyataan keberatan kepada camat karena menilai telah diberhentikan Kades Bunar yang baru secara sepihak. Para staf desa yang dipecat Kades itu, juga tengah menyiapkan rencana menempuh jalur hukum melalui Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Penyerahan pernyataan keberatan itu sesuai dengan arahan Kepala DPMPD Kabupaten Tangerang, Dadan Gandana yang menyebut pembinaan dan pengawasan pemerintah desa merupakan kewenangan camat sesuai Permendagri nomor 67 tahun 2017.

“Kami datang ke camat menyerahkan surat pernyataan keberatan yang dilampirkan SK (Surat Keputusan) sebagai staf desa dan surat pemberhentian sepihak dari Kades yang baru,” ungkap Lina Arlina, Kasi Pemerintahan Desa Bunar kepada Redaksi24.com, Rabu (27/10/2021).

BACA JUGA: 7 Staf Desa Bunar yang Dipecat Kades, Ngadu ke DPMPD Kabupaten Tangerang

Lina Arlina mengatakan, surat pernyataan keberatan atas keputusan yang diambil Kades yang dinilai secara sepihak itu, sudah diserahkan kepada Camat Sukamulya. Mereka kini menunggu tanggapan atau keputusan dari Camat Sukamulya.

Ditegaskan Lina, pihaknya akan menempuh proses hukum jika surat keberatan tidak mendapat respon dari Kades maupun camat. Para staf desa yang dipecat Kades itu, juga berencana mengadu ke PTUN karena Kades maupun camat dinilai telah melanggar Permendagri nomor 67 tahun 2017.

“Seandainya tidak direspon, ya kami tetap lanjut langkah lain, intinya ada dan pasti akan berlanjut,” ujar Lina.

Sementara itu, pelayanan di Kantor Kades Bunar saat ini sudah diambilalih oleh staf desa yang baru.

Terpisah, Camat Sukamulya, Kabupaten Tangerang, Yati Nurul Hayat hingga kini belum menjawab konfirmasi yang disampaikan wartawan melalui pesan WhatsApp terkait adanya surat pernyataan keberatan dari 7 staf Desa Bunar yang dipecat Kades.(RM1/Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.