Kaburnya Terpidana Mati Dalam Kasus Narkoba di Tangerang Diduga Libatkan Oknum Lapas

  • Whatsapp
Napi kabur
Ilustrasi napi kabur dari Lapas kelas I Tangerang.

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM– Anggota Komisi III DPR RI, Syarifuddin Sudding yang membidangi hukum, hak asasi manusia, dan keamanan menduga adanya keterlibatan oknum petugas Lapas kelas I Tangerang atas kaburnya salah seorang  terpidana mati dalam kasus narkoba dari Lapas tersebut

Pasalnya, kata dia, bila melihat lubang yang digunakan untuk melarikan diri dengan kedalaman sekira 30 meter, tidak mungkin terpidana mati tersebut melakukannya sendiri.

Bacaan Lainnya

“Ini perlu ditelusuri tentang keterlibatan yang ada di Lapas ini dan apakah juga melibatkan jaringan – jaringan mafia dan bandar narkoba yang ada di luar dengan memanfaatkan oknum – oknum yang ada di Lapas untuk bekerja sama dan memberikan bantuan terhadap Chai,” kata Syarifudin di sela-sela Sidaknya pada  Rabu (23/9/2020). 

Dalam Sidak tersebut, Syarifuddin Sudding menyebut harus ada langkah tegas dari instansi terkait untuk mengungkap adanya keterlibatan oknum yang diduga membantu pelarian terpidana mati kasus narkoba ini. Karena dari hasil penelusuran Komisi III katanya, terlihat akses keluar untuk melarikan diri Chai yang cukup panjang.

BACA JUGA:  Napi Lapas Klas I Tangerang Kabur Lewat Gorong-Gorong

“Kita lihat dari sisi kedalaman kebawah itu kurang lebih tiga meter, diameter 1-2 meter, kemudian jarak keluar 25-30 meter, galian ini sungguh sangat panjang, bekas galian gak ada, tanahnya gak ada, ini jadi pertanyaan kita semua,” kata Syarifudin seperti dikuting Tangerangonline.id grup siberindo.co.

Syarifuddin menuturkan, terlebih lagi di dalam ruang tahanan Chai hanya bersama dengan satu orang warga Tiongkok. Dia menganggap jika hanya dilakukan dua orang saja tidak akan mungkin lubang tersebut bisa rampung dalam kurun waktu 6-8 bulan.

“Kalau hanya dilakukan 1-2 orang paling tidak 1-2 bulan dengan kedalaman 3 meter diameter 1,5-2 meter,” ujarnya.

BACA JUGA: Napi Narkoba Kabur, Lima Petugas Lapas Kelas I Tangerang Diperiksa Kemenkumham

Atas kejadian ini, dirinya mengaku sudah meminta kepada pihak terkait agar dapat memindahkan narapidana dengan kategori hukuman berat dapat dipindah ke lapas dengan penjagaan ketat.

“Memang kita minta supaya para terpidana mati narkoba ini dipindahkan ke Nusakambangan dengan security max, ditempatkan disitu,”pungkasnya.

Perlu diketahui, seorang Warga Negara China yakni Chai Changpan berhasil melarikan diri dari Lapas Kelas 1 Tangerang pada Senin (14/9/2020) lalu. Chai diduga berhasil melarikan diri dari dalam ruang tahanannya melalui lubang yang sudah ia buat sejak 6-8 bulan lalu. (Igbal/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.