Kabupaten Tangerang Dinilai Berhasil Entaskan Buta Huruf

  • Whatsapp
Wakil Bupati Tangerang, Mad Romli menrima penghargaan Buta Aksara Utama dari Mendikbud RI, Muhajir Effendy di Makasar.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Kabupaten Tangerang dinilai berhasil dalam menghentasakan buta aksara di daerahnya. Atas prestasi itu, Kabupaten Tangerang meraih penghargaan Buta Aksara Utama dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Penghargaan itu diberikan atas kinerja dan keperdulian Pemkab Tangerang yang tinggi dalam percepatan buta aksara di daerahnya.

Penghargaan diberikan langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhajir Effendy kepada Wakil Bupati Tangerang Mad Romli pada peringatan Hari Aksara Internasional ke 54, di lapangan Karobesi Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (7/9/2019).

Bacaan Lainnya

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendi menyampaikan, mengentaskan buta huruf bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan seluruh lapisan masyarakat. Karena nitu, kata dia, pihaknya memberikan apresiasi kepada para pemangku kepentingan yang dinilai telah membantu pemerintah dalam upaya menurunkan angka buta aksara.

”Saya sangat bangga tingkat buta aksara di Indonesia menurun drastis. Ini suatu prestasi luar biasa,” katanya seraya mengakui daerah-daerah yang telah berhasil menurunkan angka buta huruf secara signifikan patut diberikan penghargaan.

BACA JUGA:

Mutu Pendidikan di Kabupaten Tangerang Masih Rendah

. Banyak Sekolah Tak Becus Susun SPJ, BOS Kabupaten Tangerang Bakal Dievaluasi

. Sanitasi Buruk Jadi Penyebab Stunting di Kabupaten Tangerang

Sementara itu, Dirjen PAUD dan Dikmas Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Harris Iskandar mengatakan, pihaknya memberikan penghargaan kepada 7 kabupaten/kota yang dinilai mampu menuntaskan kasus buta huruf di daerahnya.

Ketujuh daerah yang meraih penghargaan itu masing-masing Kota Balikpapan, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Bone, Kabupaten Lombok Tengah,  Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Lombok Barat, dan Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Penyerahan penghargaan Anugerah Aksara, sambung dia, diterima langsung masing-masing kepala daerah yang hadir di lapangan Karebosi Kota Makassar. “Semoga dengan dianugrahkannya Aksara ini dapat menjadikan motivasi bagi kabupaten/kota lain untuk menuntaskan kasus buta huruf di daerahnya,” harap Haris.

Sementara itu, Wakil Bupati Tangerang Mad Romli mengatakan, penghargaan Anugerah Aksara tahun 2019 ini merupakan bukti Pemkab Tangerang dalam mendorong penuntasan buta aksara. Bahkan, kata dia, dalam RPJMD direncanakan 2024 semua data aksara harus dituntaskan.

Ia menambahkan, penghargaan yang telah diterima tersebut akan didedikasikan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang. Tak terkecuali para pemangku kepentingan pendidikan yang sudah bersama membangun pendidikan di Kabupaten Tangerang agar terus berkembang.

“Berkat perjuangan dan kerja keras semua pihak, Pemerintah Kabupaten Tangerang meraih penghargaan Buta Aksara Tahun 2019,” tandasnya. (Ricky/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.