Kabel Listrik Menjuntai di Pemukiman Warga Hingga 10 Tahun, PLN Cikupa Mengaku Belum Tahu

  • Whatsapp
Kabel listrik
Kabel listrik milik PLN resahkan warga.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM — Rasa was-was kerap dirasakan oleh warga Kampung Kedondong, Desa Pasir Nangka, Kabupaten Tangerang, Banten. Bukan tanpa sebab, hal itu dikarenakan adanya kabel listrik milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) dengan panjang lebih dari 50 meter dibiarkan menjuntai ke tanah lebih dari 10 tahun, Selasa (7/10/2020). 

Menurut warga, sampai saat ini pihak PLN belum pernah melakukan perbaikan pada kabel listrik yang menjuntai di tengah-tengah pemukiman warga tersebut. Padahal, baik warga maupun ketua RT sudah sering melaporkannya setiap ada petugas listrik yang datang. 

Bacaan Lainnya

“Sudah lama dibiarkan begini dari sebelum saya jadi RT (Kampung Kedondong). Saya juga tidak tahu awalnya kenapa yah tapi kondisi kaya gini sudah sekitar 10 tahun,” tutur Dede ketua RT 005 Kampung Kedondong kepada Redaksi24.com 

Ia menceritakan, kondisi kabel listrik yang dibiarkan menjuntai di tanah itu pun kerap membuat warga dilanda ketakutan karena khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

“Kabel listrik sebesar ini sudah pasti voltasenya besar, jelas berbahaya takut ada yang kesetrum,” ujarnya.

BACA JUGA: Waspada, Ada Loket Pembayaran Listrik PLN Palsu di Kabupaten Tangerang

Ia dan warga Kedondong berharap, pihak PLN bisa segera melakukan perbaikan pada kabel tanpa tiang listrik tersebut. Meski belum pernah ada warga yang tersengat aliran listrik, tetapi kabel yang menjuntai di tanah itu berpotensi membahayakan warga sekitar. 

“Ya kalau bisa segera diperbaiki dipasang ditiangnya jangan seperti ini,” tukasnya 

Saat dikonfirmasi, Humas PLN Cabang Cikupa Ida Nur Aida mengaku baru mengetahui perihal adanya kabel listrik yang menjuntai di tengah pemukiman warga tersebut. Ia beralasan, luasnya cakupan wilayah kerja PLN Cabang Cikupa membuat pihaknya kesulitan mendeteksi jika ada jaringan listrik yang menyentuh tanah. 

“Saya baru tahu informasi ini pasti akan segera kami perbaiki,” ujarnya 

Menurut Ida, penyebab kabel listrik yang kendor hingga menjuntai ke tanah itu biasanya karena faktor kemiringan tanah. Kata dia, kondisi seperti ini juga berpotensi terjadi pemadaman listrik yang bisa membuat pihak PLN merugi. 

“Selain membahayakan ini juga berpotensi terjadi pemadaman kami (PLN) juga rugi,” imbuhnya.

BACA JUGA: PLN Pusat Terkesan Lepas Tangan Atas Terjadinya Penggelapan Tagihan Listrik Pelanggan di Lebak

Ida menambahkan, belum adanya penanganan dari PLN selama bertahun-tahun lantaran pihaknya belum menerima laporan jika ada jaringan listrik yang tidak memiliki tiang penyangga tersebut. Terlebih,  prosedur perbaikannya harus melalui sistem order terlebih dahulu kepada petugas listrik. 

“Kami akan teruskan laporan ini dan secepatnya akan kami perbaiki,” tandasnya (Ricky/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.