Jurnalistik dan Ketarunaan Jadi Ekskul Baru di SMKN 8 Kabupaten Tangerang

oleh -
SIMBOLIS : Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMKN 8 Kabupaten Tangerang Samsudin memberikan bola voli sebagai tanda dimulainya kegiatan ekstrakurikuler di sekolahnya, Sabtu, (3/8/2019).

REDAKSI24.COM—Di tahun pelajaran 2019/2020 ini, Jurnalistik dan Ketarunaan menjadi ekstrakurikuler (Ekskul) baru yang diberikan di Sekolah Menengah Kejuruaan Negeri (SMKN) 8 Kabupaten Tangerang. Kedua ekskul tersebut diberikan untuk melengkapi 9 ekskul lainnya yang telah lebih dulu diberikan di sekolah yang berlokasi di di Kecamatan Jambe Kabupten Tangerang ini. Kesembilan ekskul yang telah lebih dulu diberikan di SMKN 8 Kabupaten Tangerang tersebut adalah Marawis, Paskibra, Pramuka, Pencak Silat, Futsal, Taekwondo, Drumband, Voli dan Teater.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMKN 8 Kabupaten Tangerang Samsudin menjelaskan, ekskul Jurnalistik dan Ketarunaan diberikan untuk mengakomodir minat dan bakat yang dimiliki para siswa. Diharapkan lewat ekskul Jurnalistik dan Ketarunaan ini bisa meningkatkan budaya literasi serta kedisplinan para pelajar di SMKN 8 Kabupaten Tangerang.

“Kami yakin dengan adanya ekskul Jurnalistik dan Ketarunaan ini, minat baca, sikap kritis serta kedisiplinan anak didik kami akan meningkat. Dan tentu saja hal tersebut akan sangat bermanfaat saat mereka memasuki dunia kerja nanti,” papar Samsudin usai menggelar upacara persemian dimulainya kegiatan Ekskul di SMKN 8 Kabupaten Tangerang tahun ajaran 2019/2020 di Lapangan Upacara SMKN 8 Kabupaten Tangerang, Sabtu, (3/8/2019).

Samsudin berharap berbagai kegiatan ekskul yang digelar ini, bisa diikuti oleh para anak didiknya sehingga bisa menunjang pendidikan akademiknya.

“Saya harap antara kegiatan ekskul dan kegiatan akademis bisa diikuti secara proporsional oleh para siswa sehingga bisa saling menunjang antara kemampuan akademis dan non akademisnya,” ujar Samsudin.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 8 Kabupaten Tangerang Iman Sutarya menjelaskan, ekskul merupakan hal yang penting di samping aktivitas akademis. Pasalnya menurut Iman, kegiatan ekstrakurikuler dapat memberikan berbagai manfaat bagi anak untuk mendukung kemajuan anak di bidang akademis.

Pria yang saat ini menjadi kandidat doktor ini di sebuah universitas di Bandung ini menjelaskan, dengan mengkuti kegiatan ekskul maka bisa dipastikan anak  akan  menjadi pribadi yang aktif dan produktif. Karena dengan mengikuti ekskul  anak didik akan  menghabiskan waktu dan energi untuk kegiatan yang positif.

“Aktivitas yang tinggi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain meningkatkan metabolisme, sirkulasi darah, serta melatih stamina dan kewaspadaan mental.Anak didik juga akan  tetap aktif dan energik dan menurunkan risiko stres serta obesitas,” jelas Iman.

Iman juga mengatakan, kegiatan ekskul juga bisa mengajarkan kerja sama tim, karena dalam kegiatan ekskul umumnya anak akan bertemu dengan teman-teman baru dan dalam beberapa hal harus mencoba bekerja sama dengan mereka. Hal seperti ini menurut Iman akan mengajarkan anak untuk komunikasi dan koordinasi sejak dini.

“Dan pastinya ikut meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam bersosialisasi,” jelas Iman.

Iman menambahkan, dengan ekskul ini juga anak didik bisa belajar manajemen waktu. Karena dengan mengikuti aktivitas ekskul tentunya anak didik menjadi memiliki banyak kegiatan sehingga mau tak mau mereka harus belajar untuk mengatur dan memprioritaskan waktu.

“Dengan terus belajar bagaiman memanajemen waktu dengan baik  tentunya akan berguna untuk mereka di masa depan,” pungkasnya. (Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.