Jumlah Penerima BPNT di Pandeglang di Bulan Februari Bertambah 1.474 KPM

  • Whatsapp
BPNT-Pandeglang-dinsos
Kepala Dinas Sosial Pandeglang Nuriah.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM)  program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kabupaten Pandeglang, di bulan Februari 2021 ini bertambah sebanyak 1.474 keluarga. Penambah tersebut terjadi setelah Dinas Sosial (Dinsos) Pandeglang melakukan validasi data.

Diketahui sebelumnya, jumlah KPM BPNT secara keseluruhan di Pandeglang ada sebanyak 112 ribu lebih, namun pada Januari 2021 jumlah KPM yang bisa mencairkan bantuan hanya sebanyak 71.046 KPM.

Bacaan Lainnya

Namun, setelah dilakukan perbaikan oleh pihak Dinas Sosial (Dinsos) Pandeglang, bersama tim terkait lainnya, sebanyak 1.474 KMP BPNT yang datanya invalid berhasil diperbaiki dan sebagian besar KPM lainnya yang tidak bisa mencairkan bantuan tersebut masih dalam proses validasi data.

“Dari Januari kami sudah berhasil memperbaiki sebanyak 1474 KPM, dan sejumlah KPM yang sudah diperbaiki itu sudah bisa mendapatkan bantuan di bulan ini (Februari, red),” ungkap Nuriah, Kepala Dinas Sosial Pandeglang, Selasa (9/2/2021).

Dikatakan Kadinsos, pada penyaluran BPNT bulan Februari nanti, jumlah penerima manfaat bertambah menjadi 85.250 KPM. Yang tadinya hanya sebanyak 71.046.

“Untuk perbaikan data KPM di bulan Februari untuk penyaluran Maret ada sebanyak kurang lebih sebanyak 26 ribu KPM. Dan setiap bulannya kami terus melakukan perbaikan hingga tuntas,” katanya.

Menurut Kadinsos, banyaknya data KPM BPNT yang dulu tidak bisa mencairkan bantuan, karena datanya tidak valid. Seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dobel, NIK KTP lama atau bukan e-KTP, nama yang salah serta kesalahan lainnya.

“Karena datanya data lama, mungkin pada saat basis data terpadu 2015, sehingga NIK KPM yang beluk elektronik masuk ke basis data itu. Namun sekarang kami terus melakukan perbaikan sampai benar-benar semua data KPM BPNT akurat,” ujarnya.

Terpisah, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Pandeglang, Irsyad mengaku, sebelumnya pada 2020 lalu, jumlah KPM BPNT di wilayahnya sebanyak 3.500 KPM. Namun pada Januari 2021 lalu, jumlah penerima program turun menjadi 2.024, atau sebesar turun 42 persen dari jumlah secara keseluruhan KPM.

“Akan tetapi, sekarang dari hasil perbaikan untuk penyaluran Februari ini naik lagi sebesar 14 persen, dari 2024 menjadi 2.532 KPM. Ini masih terus perbaikan DTKS, mudah-mudahan kedepan jumlah KPM BPNT Pagelaran kembali normal,” tandasnya. (Samsul/Hendra).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.