Jokowi Targetkan Runway 3 Bandara Soetta Bisa Beroperasi Juli 2019

oleh -
TINJAU : Presiden Joko Widodo mennjau langsung progres pembangunan landasan pacu atau Runway 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Jumat (21/6/2019).

REDAKSI24.COM—Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi menargetkan landasan pacu atau Runway 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, sudah bisa digunakan pada bulan Juli mendatang. Hal tersebut dikatakan Jokowi saat meninjau langsung progres pembangunan landasan pacu 3 di bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia tersebut.

“Runway ketiga Soekarno-Hatta ini sudah selesai 86 persen. Kami harapkan pada akhir bulan ini sudah 100 persen (rampung). Langsung akan dioperasionalkan secepatnya. Mungkin Juli 2019 sudah dioperasionalkan,” kata mantan Gubernur DKI tersebut.

Jokowi mengatakan keberadaan Runway 3 ini sangat penting dalammengurangi antrean pesawat. Pasalnya jelas Jokowi saat ini pergerakan pesawat di Bandara Soetta per jam-nya mencapai 81 pergerakan. Hal itu tergolong padat. Dengan adanya runway 3, maka pergerakan pesawat diharapkan bisa meningkat maka permintaan slot dari maskapai negara lain yang sudah antre seperti Qatar, Saudi, India, Singapura, Malaysia, dan Tiongkok dapat dipenuhi.

“Dengan tambahan runway ke-3, maka akan menjadi 120 pergerakan per jam. Tambahannya hampir 50 persen, maka tidak ada lagi pesawat yang holding ketika hendak landing di Bandara Soetta,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menjelaskan. untuk membangun runway ketiga di Bandara Soetta ini, PT Angkasa Pura II merogoh Rp6 triliun. Biaya tersebut terdiri dari biaya pembangunan runway sendiri mencapai Rp2 triliun, lalu dana pembebasan lahan mencapai Rp4 triliun.

Selain membangun runway ketiga, AP II juga tengah menyelesaikan proyek east cross taxiway (ECT) yang ditargetkan dapat digunakan pada pertengahan 2019. ECT ini adalah jalan di sisi timur bandara yang digunakan pesawat untuk melintas dari runway 1 ke runway 2 dan sebaliknya. (Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *