Job Fair 2019 Dibuka, Angka Pengangguran di Banten Tertinggi Nasional

  • Whatsapp
Job Fair Banten
Ribuan tenaga kerja memenuhi Job Fair 2019 yang digelar Disnaker di kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten menggelar Job Fair dalam menyambut HUT Banten ke 19. Ada 39 perusahaan yang membuka lowongan untuk 10.445 pencari kerja. Job fair atau bursa kerja kerap digelar Pemkot/Pemkab di Provinsi Banten.

Berdasarkan catatan, sudah hampir tujuh kali dilaksanakan kegiatan serupa. Namun hingga tahun 2018, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Provinsi Banten mencapai 8,52 persen, masih tertinggi secara rata-rata nasional 5,34 persen.

Bacaan Lainnya

“Ini upaya kami dalam menekan angka pengangguran di Provinsi Banten,” kata Kepala Disnakertrans Provinsi Banten Al Hamidi, usai membuka Job Fair Provinsi Banten di Gedung Aspirasi, KP3B, Kota Serang (3/10/2019).

BACA JUGA:

. Jumlah Pengangguran Di Kabupaten Tangerang Capai 156 ribu Orang

. Puluhan Ribu Pencari Kerja Di Kabupaten Tangerang Serbu Job Fair 2019

. Dewan Akan Panggil Disnakertrans Terkait Upah Buruh Lebak Terendah di Banten

Hamidi mengakui angka pengangguran di Banten masih tinggi, oleh karena itu upaya keras terus dilakukan, salah satunya dengan mempertemukan para pencari kerja dengan perusahaan.

Tingginya angka kemiskinan di Banten juga diakui Gubernur Banten Wahidin Halim (WH). Menurut WH, salah satu faktor tingginya angka pengangguran di Banten lantaran banyaknya para pendatang yang menetap kemudian mencari kerja di Banten, sementara porsi lowongan kerja yang ada terbatas.

“Mudah-mudahan ini menjadi jalan tengah untuk mendapat pekerjaan, dan kami berharap apa yang kami siapkan bisa dirasakan peserta yang sudah menunggunya,” ujarnya.

Adapun lima besar provinsi dengan tingkat pengangguran terbuka tertinggi adalah Banten sebesar 8,52 persen, Jawa Barat sebesar 8,17 persen, Maluku 7,27 persen, Kepulauan Riau 7,12 persen dan Sulawesi Utara 6,86 persen. (Luthfi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.