Jika Diperlukan, RSUD Aulia Pandeglang Bisa Layani Pasien Covid-19

  • Whatsapp
RSUD Aulia Pandeglang
Bupati Pandeglang, Irna Narulita meresmikan RSUD Aulia Pandeglang.

PANDEGLANG, REDKASI24.COM – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aulia Pandeglang, akan siap melayani pasien covid-19 jika dibutuhkan Pemerintah Provinsi Banten, maupun pemerintah pusat. Terelbih setelah RSUD Aulia resmi beroperasi.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, apabila pemerintah pusat dan Provinsi Banten, membutuhkan rumah sakit untuk penanganan covid-19, RSUD Aulia siap untuk melakukan pelayanan pasien covid-19, sepanjang didukung kebutuhan alat ataupun sarana yang lain untuk penanganannya.

Bacaan Lainnya

“Memang selain di pusat dan provinsi, tentunya RS untuk penanganan covid-19 itu perlu ada juga di kabupaten. Maka sepanjang itu didukung maka kami siap, karena sebagian besar kami sudah siapkan sarana dan prasarana pendukungnya,” ungkap Irna usai meresmikan RSUD Aulia Pandeglang, Senin (20/4/2020).

Namun, menurut Irna, untuk penanganan pasien covid-19 harus lex specialis. Artinya dukungan sarana dan prasarananya harus lebih komprehensif. “Tapi barangkali jika dibutuhkan, tentu kami siap untuk melakukan pelayanan pasien covid-19 di RSUD Aulia,” katanya.

BACA JUGA:

. Pandemi Covid-19, RSUD Aulia Pandeglang Dilaunching Sederhana

Sementara itu, Direktur RSUD Aulia Pandeglang, dr. Furqon Haetami Zen mengaku, setuju RSUD Aulia melayani pasien covid-19. Namun kebutuhannya harus dipenuhi secara makaimal. Saat ini saja, menurut dia, pihaknya hanya memiliki dua unit alat pelindung diri (APD).

“Adapun jika ada pasien yang mengidap penyakitnya yang mengarah ke covid, harus kami rujuk,” ujarnya.

Selain alat yang masih minim, untuk SDM pun juga masih kurang. Karena dari kebutuhan sebanyak 200 orang, yang ada saat ini baru 70 petugas kesehatan. “Selain itu, untuk masker saja kami beli sendiri. Untuk sementara ini pelayanan yang bisa dilakukan di RSUD Aulia baru UGD, rawat inap kelas III dan dokter umum,” tandasnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.