Jemaah Haji Yang Batal Berangkat Sebagian Biaya Pelunasannya Dikembalikan

  • Whatsapp
Kepala Bidang Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang, Anas Suwandi.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM — Sebanyak 2.048 jemaah haji asal Kabupaten Tangerang batal diberangkatkan. Hal itu, menyusul keputusan Menteri Agama Fachrul Razi yang menyatakan pemerintah memutuskan tidak memberangkatkan calon jemaah haji tahun 2020.

Kepala Bidang Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang, Anas Suwandi mengatakan, pembatalan keberangkatan jemaah haji asal Kabupaten Tangerang ini didasarkan pada keputusan Menteri Agama Nomor 494 Tahun 2020, Tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 H.

Bacaan Lainnya

Kata dia, untuk di Kabupaten Tangerang ada 2.048 jemaah haji yang sudah siap diberangkatkan. Ia juga mengatakan, jika sebenarnya persiapan pemberangkatan baik secara adminisrasi maupun tekhnis seperti pengkloteran jemaah dan proses pembuatan visa sudah mencapai 75%.

Bahkan, pelunasan pembayaran biaya jemaah haji tahap 1 dan tahap 2 sebesar 35 juta rupiah sudah dibayar lunas oleh seluruh jemaah. “Persiapan sudah 75% yang belum tinggal bimbingan manasik di tingkat KUA dan tingkat Kabupaten,” kata dia saat disambangi wartawan di ruangannya, Selasa (2/6/2020).

Ia melanjutkan, para jemaah haji yang gagal berangkat tahun ini rencananya akan diberangkatkan kembali pada tahun depan (2021). Pihak Kemenag juga akan mengembalikan biaya pelunasan tahap 2 sebesar 10 juta rupiah kepada seluruh jemaah haji. “Tetapi tekhnis pengembaliannya seperti apa kami belum dapat informasi,” katanya

Ia juga mengimbau kepada para jemaah haji yang batal diberangkatkan untuk menerima keputusan pemerintah dengan ikhlas. Menurutnya keputusan pemerintah tersebut sudah berdasarkan pertimbangan yang matang di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Kami juga belum dapat arahan lagi dari pusat tapi yang ditangguhkan tahun ini, tahun depan otomatis pasti berangkat,” tukasnya (Ricky/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.