Jelang Tahapan Pilkada, Penyelenggara Pemilu di Pandeglang Jalani Rapid Test

  • Whatsapp
rapid test KPU pandeglang
Ketua KPU Pandeglang, Sujai saat menjalani rpaid test di RSUD Berkah Pandeglang, Jumat (26/06/2020).

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Menjelang pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, para penyelenggaran Pemilu, mulai dari komisioner KPU sampai tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Pandeglang, Banten, menjalan rapid test covid-19 di RSUD Berkah Pandeglang, Jumat (26/6/2020).

Rapid test dilalukan untuk memastikan para penyelenggara pemilu kesehatannya dalam kondisi yang baik agar bisa menjalankan tahapan Pilkada.

Bacaan Lainnya

Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Sujai mengakui, seluruh penyelenggara Pemilu wajib menjalani rapid test covid-19. Menurut Sujai, rpaid test sebagai salah satu upaya dalam memastikan kesehatan para penyelenggara pemilu pada masa pandemi covid-19.

“Pada tanggal 28 (Juni) nanti kami akan melakukan verifikasi faktual bagi bakal calon perseorangan. Maka kesehatan petugas harus dipastikan dalam kondisi prima,” ungkapnya.

Menurutnya, rapid test bagi para penyelenggara pemilu memang menjadi suatu keharusan, untuk memastikan apakah mereka terpapar covid-19 atau tidak. Adapun jumlah penyelenggaran pemilu yang menjalani rapid test seluruhnya sebanyak 2.034 orang.

BACA JUGA: Hadapi New Normal, Wartawan di Pandeglang Jalani Rapid Test Covid-19

“Semua penyelenggara mulai dari PPS beserta Sekretariat, PPK dan sekretariatnya begitupun juga dari KPU Pandeglang beserta jajaran sekretariatnya,” katanya.

Saat ditanya bagaimana jika ada penyelenggaran yang reaktif rapid test, Sujai mengaku, jika ada petugas yang reaktif tentu dilakukan penanganan lebih lanjut, seperti dilakukan isolasi mandiri dan  tes swab. Namun itu nanti ranahnya tim gugus tugas penanggulangan covid-19 Pandeglang.

“Tapi sejauh ini tidak ada yang reaktif rapid test, dan mudah-mudahan semua penyelenggara yang dirapid test tidak ada yang reaktif,” ujarnya.

BACA JUGA: Kades di Pandeglang Pertanyakan Dana Covid-19 Hasil Pemangkasan APBDes

Komisioner KPU Pandeglang lainnya, Ahmadi menyebut semua penyelenggara pemilu menjalani rapid test. Sebab, kata dia, mulai 28 Juni nanti, tahapan Pilkada Pandeglang 2020 sudah mulai dilanjutkan, salah satunya verifikasi faktual bakal calon perseorangan.

“Sepertinya tidak akan selesai satu hari, kemungkinan rapid test dilakukan hingga besok,” tandasnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.