Jelang Masa Kampanye Pilkades, Kapolresta Tangerang Pertebal Jumlah Bhabinkamtibmas

  • Whatsapp
kapolresta tangerang kombes ade
Kapolresta Tangerang AKBP Ade Ary Syam Indradi saat dialog interaktif dengan calon kepala di Kantor Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang, Jumat (22/11/2019).

KABUPATEN TANGERANG,REDAKSI24.COM—Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serempak di Kabupaten Tangerang akan segera mamasuki masa kampanye pada 25 hingga 27 November 2019 mendatang. Untuk menjaga keamanan di momen krusial tersebut, Polresta Tangerang meningkatkan aa mempertebal jumlah anggota Bhabinkantibmas di setiap wilayah yang menggelar Pilkades tersebut.

“Salah satu cara untuk mengamankan masa kampanye dan khususnya pelaksanaan Pilkades adalah dengan menambah atau mempertebal jumlah anggota Bhabinkamtibmas,” kata Kapolresta Tangerang AKBP Ade Ary Syam Indradi saat dialog interaktif dengan calon kepala di Kantor Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang, Jumat (22/11/2019).

Bacaan Lainnya

Ade menjelaskan perlunya mempertebal jumlah anggota Bhabinkamtibmas tersebut karena di masa tersebut sangat rawan terjadinya konflik. Terlebih masa kampanye yang diberikan kepada calon Kades sangat singkat.

“Waktu pelaksanaan kampanye Pilkades hanya 3 hari dengan jumlah calon kades tiap desa rata-rata 5 orang. Dengan jumlah tersebut maka dalam 1 hari setidaknya akan ada 2 calon kades yang berkampanye jelas hal ini harus diantispasi dengan mempertebal anggota Bhabinkamtibmas,” jelas Ade.

BACA JUGA:

BPMPD Tunjuk Yayasan Panti Asuhan Jadi Tim Penilai Balon Kades, Ombudsman Minta Pilkades Di Kabupaten Tangerang Dievaluasi

Kapolresta Tangerang Ajak Kaum Milenial Gunakan Hak Suara Dalam Pilkades

Saat ini, terang Ade, jumlah bhabinkamtibmas di Polresta Tangerang sebanyak 63 personel. Padahal, lanjut dia, Polresta Tangerang membawahi 180 desa. Dia mengatakan, saat ini masih ada seorang Bhabinkamtibmas yang harus membina 2 atau 3 desa.

Terkait Pilkades, Ade menerangkan, ada 91 desa di Polresta Tangerang yang menggelar pesta demokrasi desa itu. Sedangkan, seperti yang sudah disampaikan Ade sebelumnya, jumlah bhabinkamtibmas hanya 63 personel.

“Jumlahnya tidak sebanding. Sebab idealnya, 1 Bhabinkamtibmas untuk 1 desa,” terangnya.

Dikatakan Ade, penambahan anggota Bhabinkamtibmas diambil dari anggota yang saat ini bertugas di satuan reserse kriminal dan satuan lainnya. Ade menyebut, penebalan jumlah anggota Bhabinkamtibmas adalah strategi ideal untuk mendekatkan kepolisian dengan masyarakat. Menurutnya, Bhabinkamtibmas memiliki peran penting untuk membina masyarakat agar turut menjaga keamanan dan ketertiban.

“Fungsi kepolisian yang pertama saya beri arahan adalah bhabinkamtibmas. Itu karena saking krusialnya peran Bhabinkamtibmas,” pungkasnya. (Ricky/Hendra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.