Jelang Lebaran Banyak Warga Berkerumun, Pasien Positif Covid-19 di Banten Melonjak

  • Whatsapp
covid-19 Banten
Update kasus covid-19 di Provinsi Banten sampai 20 Mei 2020.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Menjelang lebaran, pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Banten jumlah melonjak cukup signifikan. Berdasarkan rekapitulasi data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten, sampai pada 20 Mei 2020 pukul 18.00 WIB, jumlah pasien terkonfirmasi mencapai 42 orang dari hari sebelumnya.

Lonjakan tersebut paling banyak disumbang dari wilayah di zona merah yakni Kota Tangerang Selatan (Tangsel), sebanyak 39 orang. Disusul kemudian Kota Tangerang sebanyak lima kasus dan Kabupaten Tangerang tiga kasus. Padahal, hari sebelumnya di Kabupaten Tangerang tidak terjadi kenaikan pasien yang terkonfirmasi covid-19.

Bacaan Lainnya

Juru Bicara (Jubir) Covid-19 Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti saat dikonfirmasi tidak mengatakan apapun. Namun beberapa hari yang lalu ia mengatakan, kenaikan jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ini disebabkan kelonggaran PSBB, sehingga banyak masyarakat yang berkerumun di pasar dan tempat keramaian lainnya menjelang Hari Raya Idhul Fitri.

“Jangankan di zona non PSBB, di dalam zona PSBB saja banyak terjadi kerumunan. Inilah yang menjadi penyebab meningkatnya jumlah pasien Covid-19 di Provinsi Banten,” ujarnya.

Sementara itu, untuk daerah di luar zona PSBB, berdasarkan data terakhir tidak terjadi kenaikan jumlah pasien Covid-19, termasuk Kabupaten Lebak yang sampai saat ini masih menjadi zona hijau covid-19 satu-satunya di Provinsi Banten.(Luthfi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.