Jelang Akhir Tahun 2020, Baznas Pandeglang Pesimis Capai Target Zakat

  • Whatsapp
Baznas, Target, Zakat, amil, pandeglang
Ilustrasi - zakat, infak, sodaqoh.

PANDEGLANG REDAKSI24.COM – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pandeglang, pesimis target pengumpulan Zakat, Infaq dan Sodaqoh (Zis) tercapai maksimal hingga akhir 2020.

Ketua Baznas Pandeglang, Aah Wahid Maulanu mengatakan, pada akhir Oktober 2020, capaian ZIS hanya sebesar Rp1, 8 miliar dari jumlah yang ditargetkan sebesar Rp 2, 2 miliar. Sementara sekarang ini, kata dia, sudah masuk bulan ke 11, sehingga pihaknya pesimis target ZIS bisa tercapai.

Bacaan Lainnya

“Hingga akhir tahun nanti paling kami mampu mengumpulkan ZIS sekitar Rp2 miliar. Karena waktunya sudah mepet ke akhir tahun,” ungkapnya, Rabu (4/11/2020).

Dikatakannya, capaian target ZIS tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena pada 2019 lalu, target pengumpulan ZIS mencapai 100 persen. Namun karena tahun ini tengah dilanda pandemi covid-19, kemungkinan berdampak pula pada menurunnya pengumpulan ZIS.

BACA JUGA: Dua Paslon Bupati Pandeglang Dinilai Sama-Sama Punya Potensi Manfaatkan ASN

“Penurunan target pengumpulan ZIS ini akibat dampak dari pandemi covid-19. Sehingga target yang sudah ditentukan tidak tercapai maksimal,” katanya.

Diakuinya, untuk memaksimalkan pengumpulan ZIS di tahun 2021 mendatang, pihaknya telah membuat terobosan baru, yaitu bekerjasama dengan PGRI. “MoU-nya sudah terjalin, jika target tercapai maksimal maka keuntungan bagi PGRI yaitu kami akan alokasikan sebagian dana ZIS untuk siswa-siswi kurang mampu,” ujarnya.

Terpisah, Pjs Bupati Pandeglang, Gunawan Rusminto menuturkan, terjadinya penurunan ZIS tersebut bukan hanya di Pandeglang, akan tetapi untuk di daerah lain juga mengalami hal yang sama.

“Kedepan kami akan kumpulkan semua ASN, Perbankan, TNI dan Polri untuk kembali dengan Baznas. Regulasinya akan diperkuat supaya capaian targt ZIS tercapai maksimal,” tandasnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.