Jambore Perpustakaan ke 5 Kabupaten Tangerang Mulai Digelar

oleh -
Jambore Perpustakaan Kabupaten Tangerang
Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM — Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Tangerang menggelar acara ‘Jambore Perpustakaan Kabupaten Tangerang Jilid ke 5 Tahun 2019’. Dibuka oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, jambore para pustakawan tersebut akan digelar selama tiga hari, 19 Hingga 21 November mendatang di Area Parkir Kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Tangerang Jalan KH.Abdul Hamid No.9, Tigaraksa, Selasa (19/11/2019).

Berbagai acara pun disajikan, mulai dari pameran buku, bedah buku, pertunjukan seni budaya, dan diskusi para pustakawan nasional dan daerah yang dikemas dalam acara Talk Show, membahas tentang berbagai persoalan dalam penyelenggaran perpustakaan dan peningkatan minat baca di masyarat.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, Jambore Perpustakaan Jilid 5 Tahun 2019 tersebut dilaksanakan guna meningkatkan kualitas juga kuantitas, baik itu perpustakaan maupun sumber daya manusia, khususnya generasi muda dalam mengembangkan program-program perpustakaan di daerah.

“Alhamdulillah hari ini kita melaksanakan jambore yang ke 5, harapanya perpustakaan Kabupaten Tangerang ini bisa menjadi contoh yang dapat bermitra dengan perpustakaan nasional,” ungkap Zaki.

Dalam kegiatan tersebut, Zaki juga sempat menyampaikan kepada masyarakat, terutama anak-anak untuk lebih meningkatkan minat baca. Kata dia, dengan membaca akan mengaktifkan sel sel otak untuk berimajinasi serta membuat fantasi yang nantinya bisa memicu anak-anak menjadi lebih kreatif.

“Mari kita galakan untuk selalu bisa membuka, menghabiskan waktu, atau pun menyempatkan diri membuka buku, baik itu buku pelajaran akademis maupun buku buku yang kita suka,” ujarnya.

BACA JUGA:

Selama 3 Hari Kemah Bhakti Pemuda Kabupaten Tangerang Habiskan Rp200 Juta

Sementara itu, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Tangerang, Hadisya Mansyur menuturkan, sejak tahun 2018 pemerintah daerah Kabupaten Tangerang berkomitmen untuk meningkatkan dan mengembangkan budaya baca masyarakat. Komitmen tersebut, sambung dia, diwujudkan melalui program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, yakni perpustakaan proaktif yang dapat membantu masyarakat untuk mengembangkan keterampilan dan kepercayaan diri.

“Layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial ini diarahkan kepada kelompok masyarakat yaitu anak-anak, pemuda, pengusaha mikro, perempuan, dan masyarakat umum,” jelasnya.

Ia menambahkan, jambore perpustakaan merupakan sarana eksistensi dan promosi sekaligus evaluasi para penyelenggaraan perpustakaan di kabupaten Tangerang, dimana, seluruh penyelenggara perpustakaan dapat berkumpul, berdiskusi, bertukar pengalaman, saling menguatkan dan membesarkan .

“Tema jambore perpustakaan tahun 2019 ini adalah Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial untuk Tangerang semakin gemilang, dari membaca hingga menjadi karya,” tandasnya (Ricky/Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *