Jam Operasional Tempat Usaha di Kabupaten Tangerang Kembali Dibatasi

oleh -
tempat usaha jam operasional kabupaten tangerang covid-19 zona merah banten
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan dan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Tangerang, Dr Hendra Tarmizi kepada wartawan Jumat (18/6/2021) mengatakan, rencana pembatasan jam operasional di tempat usaha tersebut bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona, terutama di zona merah.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Para pengelola tempat usaha di Kabupaten Tangerang, Banten, seperti toko modern, swalayan, mal, kafe, restoran, dan sentra kuliner kembali harus mengatur ulang jam operasionalnya. Hal itu dilakukan menyusul terjadi peningkatan kasus COVID-19 di daerah seribu industri tersebut.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan dan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Tangerang, Dr Hendra Tarmizi kepada wartawan Jumat (18/6/2021) mengatakan, rencana pembatasan jam operasional di tempat usaha tersebut bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona, terutama di zona merah.

“Kami akan kembali membatasi jam operasional tempat usaha untuk mengurangi kerumunan massa. Kami akan keluarkan surat edaran Bupati Tangerang,” kata Hendra.

Menurut Hendra, dalam pembatasan tersebut secara teknis tidak jauh berbeda dari yang sebelumnya sudah diterapkan dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.

BACA JUGA: Hotel Yasmine di Kabupaten Tangerang Terisi Penuh Pasien COVID-19

Seperti pada jam operasional restoran saat makan di tempat hanya boleh sampai pukul 19.00 WIB dan jumlah pengunjung dibatasi 50 persen.

“Semua tempat restoran hanya boleh beroperasi sampai pukul 19.00 WIB, begitu juga tempat perbelanjaan dan tepat usaha lainnya wajib mengikuti,” katanya.

Selain itu, dia juga meminta kepada masyarakat untuk membatasi kegiatan di luar rumah yang beresiko menimbulkan kerumunan massa, seperti pesta atau berwisata.

“Kalau untuk gelaran pesta perkawinan sebetulnya sudah ada larangan, karena sangat rentan terjadinya kerumunan,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain upaya pembatasan pada jam operasional untuk menekan angka kasus penularan COVID-19, pihaknya bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tangerang juga meningkatkan akselerasi program vaksinasi secara massal di wilayah zona merah.

“Nanti pada tanggal 29 Juni 2021, kami akan lakukan vaksinasi massal secara serentak di seluruh kecamatan di Kabupaten Tangerang dengan target sasaran 35 ribu orang dari semua kelompok,” ungkapnya.

Karena itu, kata dia, program vaksinasi tersebut diharapkan akan dapat menurunkan kasus aktif COVID-19 yang terjadi di daerahnya.

BACA JUGA: Kasus COVID-19 Melonjak, Bupati Tangerang Minta RS Tambah ICU

Sementara itu, pembatasan aktivitas sudah dilakukan di beberapa lokasi seperti di Alun-Alun dan Taman Burung di Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang. Pembatasan di dua lokasi itu karena selalu dijadikan tempat berkumpul warga.

Kemudian, Kecamatan Curug juga akan melakukan peningkatan PPKM mikro dan penutupan akses atau lockdown lokal di dua RW yang berada di Curug Kulon.

“Kami akan memperketat pengawasan PPKM Mikro, karena kami ingin melihat bahwa yang terkait dengan penularan COVID-19 lebih dicegah lagi,” kata Camat Curug, Supriyadi.

Ia mengungkapkan, pihaknya juga akan terus memantau pelaksanaan karantina mandiri bagi warga yang terpapar virus corona, yang saat ini sedang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

“Kami juga telah sediakan bantuan kepada keluarga pasien yang terpapar COVID-19, berupa sembako dan makanan siap saji, kami berikan seminggu dua kali untuk mereka,” ungkapnya.

Diketahui, kasus terkonfirmasi COVID-19 di Kabupaten Tangerang saat ini sudah mencapai 11.566 orang dengan penambahan kasus baru 400 kasus, kemudian pasien sembuh sebanyak 10.839 orang, pasien yang menjalani perawatan sebanyak 150 orang, pasien isolasi sebanyak 368 orang, dan jumlah kasus pasien meninggal sebanyak 254 orang.(Ant/Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.