Jalani KKN Pulang Kampung Di Serang, Mahasiswi Undip Bikin Touch Free Hand Sanitizer Untuk Warga

  • Whatsapp
Salsabila mahasiswi teknik industri Undip

KOTA SERANG,REDAKSI24.COM–Dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19 banyak pihak yang telah menyediakan berbagai perlengkapan seperti hand sanitizer di beberapa fasilitas umum.

Namun ternyata banyaknya penggunaan hand sanitizer yang dilakukan banyak orang justru tak menjamin orang itu terbebas dari Covid-19 ini.

Bacaan Lainnya

Sebab ada beberapa studi kesehatan yang menyebutkan, virus Corona bisa bertahan hidup di benda mati sehingga semakin banyak digunakan oleh umum justru semakin rentan terkena Covid-19.

Berangkat dari hal itu, Salsabila Audina, mahasiswi Semester 7 Teknik Industri, Universitas Diponegoro (Undip) yang tengah menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pulang di Serang berinovasi dengan membuat Touch Free Hand Sanitizer (hand sanitizer bebas sentuh) bagi masyarakat tempatnya KKN.

BACA JUGA: PPI Siap Bantu Distribusikan Vaksin Covid-19 Produksi Bio Farma

Salsabila menjelaskan, Touch Free Hand Sanitizer adalah alat otomatis yang memiliki konsep bahwa pengguna tidak perlu lagi menyentuh atau menekan “pump” botol hand-sanitizer melainkan cukup dengan mendekatkan tangan ke sensor, maka “pump” botol akan otomatis mengeluarkan cairan hand sanitizer.

“Harapannya, dengan adanya alat ini dapat membuat masyarakat terus menjaga kebersihan tangan dengan hand-sanitizer yang disediakan tanpa takut tertular virus,” ujar gadis kelahiran Kota Serang ini.

BACA JUGA: Lagi Asyik Indehoi di Hotel Bintang Semesta, 6 Pasangan Mesum Digaruk Polres Serang Kota

Anak pertama dari 3 bersaudara ini menjelaskan, bahan utama yang digunakan adalah sensor ultrasonik dan arduino, bahan tersebut dapat dengan mudah ditemukan di toko elektronik.

“Alat ini bisa dibuat dan diletakan di rumah masing-masing supaya tamu yang datang dapat menggunakannya dan berinteraksi pun lebih terasa aman,” paparnya.

Salsabila juga menjelaskan selain murah yakni hanya Rp120 ribu,Touch Free Hand Sanitizer juga cukup mudah membuatnya. Dirinya hanya membutuhkan waktu kurang  dari sehari untuk membuatnya.

“Apalagi jika memiliki kemampuan teknik elektro saya yakin akan lebih mudah membuatnya,” pungkas Salsabila.(Hendra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.