Iti Tunggu Instruksi Pusat Untuk Buka Kembali Wisata di Lebak

  • Whatsapp
wisata lebak
Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya memberi arahan pada pencairan BLT dampakcovid-19 di kantor Pos Rangkasbitung.

LEBAK,  REDAKSI24.COM – Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya mengaku tengah menunggu intruksi  dari pemerintah pusat untuk membuka kembali destinasi wisata di daerahnya yang saat ini tutup sementara lantaran adanya wabah Covid-19.

Demikian diungkapkan Iti saat melaunching  Bantuan Sosial Tunai (BST) yang berasal dari APBD II Pemkab Lebak di Kantor Pos Indonesia Cabang Ranngkasbitung, Sabtu (6/6/2020) pagi.

Bacaan Lainnya

“Kami sedang masa tahapan new normal, jadi kami menunggu instruksi dari pusat tentang pembukaan objek wisata dan sekolah,” kata Iti.

Ia juga mengatakan, Lebak tengah mempersiapkan skenario pembukaan objek wisata pada masa Pandemi Covid -19. Dimana nantinya, kata dia, di setiap destinasi wisata akan diterapkan protokol kesehatan  pencegahan Covid-19.

“Mudah-mudahan jika sudah siap, semua akan kembali seperti sedia kala. Tapi kami juga minta kepada masyarakat,  dan juga wisatawan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, ” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Lebak, Imam Riswahayadin mengaku pihaknya membahas mengenai new normal pada sektor pariwisata dengan Kementrian Pariwisata pada 9 sampai 11 Juni 2020 nanti.

Imam menyebut walau masih menunggu intruksi Pemerintah Pusat, namun pihaknya telah menginstruksikan kepada para pengelola destinasi wisata dan tempat  hiburan di Lebak untuk menyiapkan sarana dan prasarana protokol kesehatan  pencegahan Covid-19.

“Kami sudah menghimbau para pengelola untuk persiapan menghadapi New Normal sambil nunggu SOP (standar operasional prosedur) yang dikeluarkan pusat, karena untuk membuka atau menutup harus ada rekom dari tim gugus tugas, kami hanya mengusulkan dan menyampaikan kondisi terkini sektor pariwisata,” katanya.

Dikatakanya, jika penerapan new normal pada sektor pariwisata sudah diputuskan, pembukaan destinasi wisata di Lebak juga dilakukan secara bertahap. “Mana destinasi yangg sudah siap menerapkan new normal dengan kesiapan sapras protokol kesehatan covid-19, maka itu yang terlebih dahulu dibuka,” tandasnya.

Untuk diketahui,  Pemkab Lebak sendiri melalui Dispar Lebak telah menerbitkan  Surat Edaran (SE) Dispar  Lebak Nomor 556/194/Dispar/2020 tentang penutupan seluruh destinasi  wisata dan tempat hiburan di Lebak  sampai batas waktu yang belum ditentukan. Penutupan tersebut  menyusul mewabahnya covid-19 yang ditetapkan sebagai pandemi global.(Yusuf/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.