Irna Promosikan Pangan Khas Pandeglang di Kendari

oleh -
hari pangan
Bupati Pandeglang, Irna Narulita bersama jajarannya saat menjajakan pangan lokal Pandeglang di acara HPS di Kendari, kemarin.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Bupati Pandeglang, Banten, Irna Narulita, bersama jajarannya mengenalkan olahan makanan lokal di Kendari, Sulawesi Tenggara, pada acara peringatan ke 39 Hari Pangan Sedunia.

Cara pengenalan pangan lokal Pandeglang ke wilayah luar Pandeglang, dengan mengikuti pameran pangan di Kendari. Tujuannya agar olahan makanan lokal Pandeglang bisa dikenal oleh semua masyarakat di Indonesia.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, pada acara peringatan HPS di Kendari, pihaknya telah memgikuti pamerah pangan lokal. Di acara tersebut, Irna menjajakan olahan makanan khas Pandeglang di stand pameran.

“Acara HPS di Kendari itu kami jadikan moment untuk mengenalkan pangan lokal Pandeglang ke masyarakat luar daerah. Maka kami tidak menyia-nyiakan kesempatan itu untik menjual makanan di stand pemeran,” ungkap Irna, Minggu (3/11/2019).

BACA JUGA:

. Disesalkan, Pejabat BPBD tak Hadiri Sosialisasi Pangan Sehat di Pandeglang

. Singkong dan Ubi Jalar Bisa jadi Pangan Andalan Kabupaten Tangerang

. Aneh Tapi Nyata, di Pandeglang Ada Air Panas di Tengah Sungai

Diakuinya, dalam acara HPS di Kendari, banyak pengunjung dari berbagai daerah. Untuk bisa mengenalkan pangan lokal has Pandeglang, maka pihaknya menawarkan berbagai jenis olahan makanan kepada para pengunjung acara.

“Ada kue bolu Rhino cake terbuat dari tales beneng yang kami jajakan, rasanya enak, gak kalah sama kue bolu dari daerah yang lain,” katanya.

Tujuannya mengenalkan makanan lokal khas Pandeglang di Kendari, yaitu agar olahan makanan lokal itu dikenal semua masyarakat di seluruh Indonesia, harapannya makanan khas Pandeglang bisa tembus ke manca Negara dan bisa bersaing dengan produk makanan yang lain.

“Pandeglang punya produk pangan lokal yang tak kalah enaknya, biar masyarakat di seluruh Indoneaia tahu, terhadap pangan lokal khas Pandeglang,” tuturnya.

Sementara, Kepala Dinas Katahanan Pangan Kabupaten Pandeglang, Muhamad Amri mengatakan, dalam pameran HPS di Kendari, produk yang dipamerkan adalah produk unggulan olahan pangan lokal Pandeglang yang diproduksi kelompok wanita tani, UKM dan BUMDes. Tujuanya adalah promosi penganekaragaman olahan pangan yang berbasis pangan lokal.

“Jenis produknya yaitu batik Pandeglang, tales beneng yang sedang di kembangkan saat ini menjadi berbagai macam olahan pangan, Rhino cake, emping, tepung berbahan dasar dari jagung, mokaf, dan olahan snack lainya,” tandas Amri.(Samsul Fathoni/Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.