Inspektorat Pandeglang Bentuk Tim Pengawasan Anggaran Covid-19

  • Whatsapp
anggaran covid-19
Kepala Inspektorat Kabupaten Pandeglang, Olis Solihin.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Inspektorat Kabupaten Pandeglang menyiapkan tim untuk mengawasi pengelolaan dana penanggulangan covid-19. Hal itu dilakukan untuk memastikan penggunaan anggaran covid-19 yang dikelola sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa tepat sasaran.

Tak hanya pihak inspektorat yang mengawasi pengelolaan dana penanggulangan covid-19, DPRD Pandeglang juga turut serta dalam memantau dan mengawasi realisasi anggaran covid-19 yang dilakukan sejumlah OPD di kota badak itu.

Bacaan Lainnya

Kepala Inspektorat Kabupaten Pandeglang, Olis Solihin mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan tim khusus untuk mendampingi pengelolaan anggaran penanggulangan covid-19, yang dijalankan sejumlah OPD penerima anggaran tersebut.

“Karena dalam pengawasan anggaran juga didampingi BPK. Maka kami sudah menunjuk sebanyak 7 orang untuk mendampingi pengelolaan dana penanggulangan wabah covid-19 itu,” ungkap Olis, Rabu (6/5/2020).

Lanjut Olis, ketujuh orang yang ditunjuk menjadi tim khusus pengawasan dan pendampingan pengelolaan anggaran covid-19, sudah diberikan Surat Tugas (SK) sebagai tim khusus. “Tugasnya untuk mendampingi dan mengawasi pengelolaan anggaran covid-19 di sejumlah OPD. Supaya benar-benar terealisasi dengan baik dan tepat sasaran,” katanya.

Tak hanya itu, kata Olis, dalam melakukan pendampingan dan pengawasan alokasi dana covid-19 sejumlah OPD, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan LKPP, dan sudah meminta pendampingan juga kepada BPKPP dan Kejaksaan Negeri.

“Ada SE (Surat Edaran) dari KPK dalam pelaksanaan pendampingan dan pengawasan pengelolaan anggaran covid-19 dan itu tengah kami jalankan,” ujarnya.

Terpisah, anggota DPRD Pandeglang dari Fraksi Golkar, Agus Umam mengakui, pengelolaan dana penanggulangan covid-19 perlu diawasi secara bersama. Hal itu untuk mengantisipasi adanya penyimpangan yang dilakukan oknum tidak bertanggungjawab.

“Anggaran penanggulangan covid-19 itu cukup besar, seperti dari dana Tak Terduga (TT) saja yang digelontorkan ke sejumlah OPD Pemkab Pandeglang, mencapai Rp 1,7 miliar. Maka dari itu mari awasi bersama, supaya pengelolaannya benar-benar tepat sasaran,” tutur Anggota DPRD Pandeglang dari Komisi IV itu.(Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.