Ini Empat Tips Agar Pemilik dan Mobilnya Terbebas Covid-19

  • Whatsapp
Pakai Masker Saat menyetir

REDAKSI24.COM—Pemerintah memang tela menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna memutus mata rantai penyebaran Virus Corona atau Covid-19. Dengan diterapkannya PSBB tersebut masyarakat diimbau untuk beraktivitas di rumah.

Namun bagaimana jika kita terpaksa harus pergi juga untuk hal yang sifatnya memaksa dan mendadak?. Mau tak mau kita pun harus menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil karena akan lebih fleksibel dibandingkan menggunakan transportasi umum yang beroperasi terbatas selama PSBB.

Bacaan Lainnya

Namun, walaupu menganakan mobil pribadi, sebaiknya Anda tetap waspada dan disiplin menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan selama PSBB sehingga tidak tertular virus Corona.

Seperti dikutip dari Businnes Insider, Kamis (23/4/2020), ada sejumlah tips selain menggunakan masker dan membatasi penumpang yang harus Anda lakukan saat terpaksa berkendara ke luar rumah di tengah PSBB,

Berikut empat tips yang bisa Anda praktikan agar tetap sehat dan mobil pun terjaga:

1. Tidak Banyak berhenti

Semakin banyak tempat yang Anda Tuju, semakin tinggi peluang berinteraksi dengan orang lain. Hal ini tentunya bisa meningkatkan risiko penularan Covid-19.

2. Jangan Sembarang menyentuh Barang

Hasil riset menunjukan pompa bahan bakar yang ada di POM Bensin dapat membawa hingga 11.835 kali lebih banyak kuman dibanding kursi di toilet umum. Karena itu hati-hati saat isi bensin atau menyentuh benda lain saat terpaksa keluar saat PSBB.

3. Rutin Membuka Jendela Mobil saat tidak digunakan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Virus Corona dapat hidup di udara hingga tiga jam. Jadi membuka kaca mobil beberapa menit secara rutin setiap hari, khususnya setelah digunakan, dapat mengurangi risiko Anda terinfeksi

4. Sediakan Lap dan Cairan Disinfektan di mobil

Selain harus rajin membersihkan mobil dengan disinfektan selama adanya pandemi Covid-19. Anda juga sebaiknya meyimpan cairan atau tisu pembersih virus di dalam mobil.  Sehingga ketika Anda sedang berkendara keluar tidak kebingungan untuk membersihkan diri saat sudah masuk ke dalam mobil. (Hdr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.