Ini Dia Manfaat Menkonsumsi Kopi Bagi Tubuh Kita

oleh -

REDAKSI24.COM—Kopi telah menjadi salah satu minuman favorit di Indonesia. Tak heran kita bisa menemukan dengan mudah gerai-gerai yang menghidangkan kopi  mulai dari warung pinggir jalan hingga tempat-tempat ekslusif.

Hal tersebut wajar saja terjadi mengingat  Indonesia adalah  Negara terbesar ke empat penghasil kopi. Dengan tanah yang subur dan ditunjang dengan iklim tropisnya,  membuat Indonesia bisa menghasilkan berbagai jenis kopi yang sangat terkenal di dunia seperti Arabica dan Robusta.

BACA JUGA :

Hindari Penuaan Dini Dengan Bunga Kamboja

Namun tahukah anda manfaat apa yang bisa kita rasakan dengan mengkonsumsi kopi secara rutin. Berbagai hasil penelitian menyebutkan ternyata rutin menkonsumsi kopi sangat baik bagi tubuh dan kesehatan kita. Lalu apa saja itu ?

1.Meningkatkan Energi

Sudah menjadi  rahasia umum jika kopi mengandung kadar kafein yang tinggi. Kafein inilah yang bisa menimbulkan efek stimulant pada saraf pusat yang ada dalam tubuh sehingga bisa selalu berenergi dan bersemangat. Tak heran kopi menjadi minuman yang sering dikonsumsi oleh para pekerja keras untuk meningkatkan energinya saat bekerja.

2.Meningkatkan mood

Jika kita sedang dalam kondisi mood yang tidak baik ada baiknya kita menkonsumsi kopi. Kandungan yang ada di dalam kopi disinyalir bisa mengobati dan mengurangi mood yang tengah buruk.  Jadi segeralah buat secangkir kopi sesuai selera anda, dan setelah itu pasti anda bisa merasakan rileks dan bahagia.

3.Mencegah Parkinson dan Alzheimer

Penelitian  dari Food and Nutrision,Warsawa,Polandia menyebutkan beberapa senyawa yang ditemukan dalam kopi dapat membantu mencegah penumpukan plak. Ini seharusnya menjadi kabar baik karena itu membuktikan bahwa kopi dapat memiliki efek neuroprotektif yang dapat mengurangi seseorang menderita penyakit Parkinson dan Alzheimer.

4.Mengurangi Resiko Diabetes

Belakangan ini muncul penelitian yang menyebutkan bahwa menkonsumsi kopi dapat mencegah resiko terkena diabetes. Namun keuntungan kopi untuk penyakit ini sebenarnya berbeda-beda bergantung kasusnya.

Penelitian yang dipublikasikan di Diabetologia menyebutkan para ilmuwan dari Harvard meneliti 100.000 orang selama 20 tahun, dan penelitian dipusatkan setiap 4 tahun sekali. Mereka menemukan bahwa orang-orang yang meminum kopi lebih banyak (lebih dari segelas sehari) memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 sebanyak 11% lebih kecil. Akan tetapi, orang-orang yang mengurangi konsumsi kopi (hanya segelas sehari) memiliki risiko terkena diabetes 17% lebih tinggi. (Markus)